3 Cara Mematikan Penyimpanan USB Di Hp Realme Secara Mudah

Sharon

3 Cara Mematikan Penyimpanan USB Di Hp Realme Secara Mudah
Teknosional.com – Memiliki ponsel Realme dengan penyimpanan yang terbatas memang membuat kita harus pandai-pandai mengatur file-file yang ada di dalamnya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan penyimpanan eksternal seperti USB. Namun, ketika penyimpanan USB sudah tidak digunakan, kita perlu mematikannya untuk menghemat daya baterai. Nah, berikut ini adalah 3 cara mematikan penyimpanan USB di Hp Realme dengan mudah. Simak terus artikel ini, ya!

Realme

Realme hadir dengan produk smartphone canggih berteknologi fast charging yang bikin kamu bisa isi daya ponsel secara kilat. Cuma 11 menit, baterai kamu udah terisi 50%! Gimana, keren, kan? Nggak perlu lagi deh nunggu lama buat ponsel kamu bisa dipakai kembali.

Terimakasih Sudah Berkunjung ke Teknosional.com

Cara Mematikan Penyimpanan USB

Jangan khawatir kalau penyimpanan USB-mu tiba-tiba tidak bisa dibuka atau diakses. Tenang saja, ini ada solusi mudah untuk mematikannya:

  • Nonaktifkan fitur USB debugging di ponsel kamu melalui Settings > About phone > Developer options.
  • Keluarkan USB dari port di ponsel atau komputer.
  • Tunggu beberapa saat, lalu masukkan kembali USB.

Dengan cara ini, penyimpanan USB-mu akan mati dan bisa digunakan kembali dengan aman.

Langkah 1: USB Debugging

Langkah pertama untuk melakukan debugging perangkat Android adalah mengaktifkan mode USB Debugging. Untuk mengaktifkan mode ini, kamu perlu menghubungkan perangkat ke komputer melalui kabel USB. Setelah terhubung, buka menu Pengaturan di perangkat dan cari opsi Pengembang (Developer Options).

Jika tidak ada, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu dengan mengetuk nomor versi build sebanyak tujuh kali. Setelah itu, aktifkan opsi USB Debugging dan jawab pop-up konfirmasi dengan menekan OK.

Langkah 2: Opsi Pengembang

Pada Langkah 2: Opsi Pengembang, terdapat beberapa pilihan seperti USB Debugging dan OEM unlocking. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Setelan Tentang ponsel  Info perangkat lunak. Ketuklah Nomor bentukan sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan Opsi pengembang.

Selanjutnya, buka Opsi pengembang dan aktifkan USB Debugging untuk menghubungkan ponsel ke komputer melalui kabel USB. Jika ingin membuka kunci bootloader, aktifkan OEM unlocking untuk memberikan izin modifikasi sistem operasi bawaan.

Langkah 3: Penyimpanan USB

Untuk menyimpan file yang telah dibagikan, kamu dapat menggunakan USB flash drive atau smartphone dengan mengaktifkan fitur OTG (On-The-Go). Pastikan USB flash drive atau smartphone memiliki space yang cukup untuk menampung file yang ingin disimpan.

Hubungkan perangkat penyimpanan ke smartphone atau laptop melalui port USB. Cari file yang ingin disimpan di aplikasi File Manager atau Galeri. Pilih file dan ketuk opsi Bagikan. Pilih Simpan ke USB (USB, HP). Tunggu proses penyimpanan hingga selesai. Pastikan file telah tersimpan dengan mengecek isi perangkat penyimpanan melalui File Manager.

Cara Mematikan Penyimpanan USB Menggunakan ADB

Pernahkah kamu mengalami kesulitan mematikan penyimpanan USB tanpa melepasnya? Jangan khawatir, kini ada solusinya!

Dengan menggunakan ADB (Android Debug Bridge), kamu dapat menonaktifkan penyimpanan USB dengan mudah. Tinggal sambungkan USB ke HP, lalu jalankan perintah  adb shell sm list-disks. Dari hasil perintah tersebut, cari baris yang sesuai dengan penyimpanan USB kamu. Setelah itu, gunakan perintah adb shell sm set-force-readonly disk:namadisk true untuk menonaktifkannya.

Langkah 1: Instal ADB

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah menginstal Android Debug Bridge (ADB). Ini adalah alat yang memungkinkan Anda terhubung ke perangkat Android dari komputer. Untuk instalasi pada PC, Anda perlu mendownload ADB dan menginstalnya di komputer Anda. Sedangkan untuk instalasi pada HP, Anda perlu mengaktifkan Opsi Pengembang dan mengaktifkan USB Debugging di pengaturan ponsel Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Perangkat
Langkah-langkah
PC
Download ADB dari situs resmi Android dan ikuti instruksi pemasangan
HP
Buka Pengaturan -> Tentang Ponsel -> Ketuk “Nomor Build 7 kali -> Aktifkan Opsi Pengembang” -> Buka Opsi Pengembang ->Aktifkan USB Debugging”

Langkah 2: Aktifkan USB Debugging

Aktifkan mode USB Debugging pada perangkat HP kamu itu gampang banget.

Cukup tiga langkah aja: Pertama, buka Pengaturan dan masuk ke menu Tentang ponsel.

Kedua, cari menu Nomor build lalu klik berkali-kali sampai muncul notifikasi Anda sekarang dalam mode pengembang.

Terakhir, kembali ke Pengaturan dan masuk ke menu Opsi pengembang. Nah, di situ biasanya ada opsi USB Debugging, tinggal diaktifkan deh.

Langkah 3: Jalankan Perintah ADB

Untuk menjalankan perintah ADB melalui USB, hubungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB.Kemudian, buka Command Prompt atau Terminal dan ketik perintah adb devices.Jika perangkat terdeteksi, daftar perangkat yang terhubung akan muncul di layar.

Untuk menjalankan perintah ADB melalui HP, aktifkan mode USB debugging di Pengaturan Pengembang (Developer Options) pada perangkat.

Buka Command Prompt atau Terminal dan ketik perintah adb connect 192.168.1.123, di mana 192.168.1.123 adalah alamat IP perangkat. Setelah perangkat terhubung, Anda dapat menjalankan berbagai perintah ADB untuk mengontrol dan mengelola perangkat dari komputer.

Akhir Kata

Jika kalian masih kebingungan, ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) seputar topik ini:

  • Bagaimana cara mengembalikan pengaturan USB ke default?
    • Buka Pengaturan Penyimpanan Penyimpanan USB
    • Pilih Kelola Penyimpanan USB
    • Ketuk Format Penyimpanan lalu konfirmasi
  • Kenapa saya tidak bisa mematikan penyimpanan USB di HP Realme saya?
    • Pastikan fitur OTG sudah aktif
    • Periksa apakah kabel USB yang digunakan berfungsi dengan baik
    • Coba reboot HP Realme Anda

Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian yang membutuhkan.

Tags

Related Post