Kekurangan Aplikasi DANA

8 Kelebihan & Kekurangan Aplikasi DANA, Pertimbangkan Sebelum Install!

Sebagai aplikasi dompet digital, DANA digunakan oleh banyak pengguna untuk melakukan berbagai transaksi non tunai. Hampir sama dengan e-wallet lainnya, DANA mempunyai fitur lengkap. Kekurangan aplikasi DANA yaitu mempunyai limit pembayaran transaksi per bulan yang rendah.

Tetapi, bagi kamu yang membutuhkan fitur transaksi puluhan juta tiap bulannya maka harus upgrade akun DANA menjadi premium agar limitnya tinggi sampai ratusan juta.

Kekurangan Aplikasi DANA yang Harus Kamu Tahu

Kekurangan Aplikasi DANA

Berikut ini beberapa kekurangan aplikasi DANA yang harus kamu ketahui sebelum melakukan berbagai transaksi dengan dompet digital tersebut.

1. DANA Saldo dan Transaksi Maksimal 20 Juta

Pertama, terdapat kekurangan aplikasi DANA berupa jumlah maksimal dana saldo dan pembayaran transaksi sebesar 20 juta per bulan. Hal tersebut dikarenakan e-wallet yang satu ini memang membatasi jumlah transfer agar tidak terlalu banyak.

Jika, kamu ingin mentransfer uang atau melakukan transaksi lebih dari 20 juta maka disarankan untuk upgrade akun.

Tetapi mengupgrade akun DANA bukanlah hal yang mudah karena pengguna harus mengunggah berbagai surat usaha sampai diverifikasi oleh pihak DANA

2. Minimal Transfer, 10 Kali dalam Satu Bulan

Berikutnya, kekurangan menggunakan e-wallet DANA yaitu pengguna hanya diberikan kesempatan untuk melakukan transfer dengan jumlah 10 kali dalam waktu satu bulan.

Jika, kamu melakukan transfer lebih dari 10 kali maka tidak dapat menikmati gratis biaya admin ke bank apapun.

Jadi, kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 4.000,00 setiap satu kali transfer dengan jumlah nominal transfer minimal Rp. 50.000,00.

3. Tidak Mempunyai Kantor Cabang

Kekurangan aplikasi DANA dibandingkan dompet digital lainnya yaitu tidak mempunyai kantor cabang. Hal tersebut mengakibatkan apabila ada permasalahan dalam transaksi yang pengguna alami tidak dapat langsung terselesaikan.

Pengguna tidak dapat langsung datang ke kantor untuk melakukan pengajuan, tetapi harus menghubungi Customer Service lewat email yang biasanya tidak langsung direspon.

4. Pembayaran Transaksi Terbatas

Pembayaran transaksi dengan e-wallet DANA terbatas, hanya untuk beberapa e-commerce yang sudah bermitra dengan DANA. Hal tersebut menjadi salah satu permasalahan bagi pengguna DANA yang ingin melakukan pembayaran transaksi di sebuah e-commerce tetapi tidak ada fiturnya.

5. Resiko Tinggi Saat Mengganti Nomor

Pemilik akun e-wallet DANA disarankan untuk tidak mengganti nomor telephone karena resikonya tinggi. Sudah pernah terjadi, pengguna yang mengganti nomernya kehilangan saldo DANA yang tidak dapat dikembalikan.

6. Tidak Menjangkau Usaha Kecil

Kekurangan aplikasi DANA jumlah transaksi tiap bulannya sangat terbatas sehingga mengharuskan pengguna untuk upgrade akun. Tetapi, ternyata aplikasi tersebut tidak menjangkau para usaha kecil.

Saat pemilik akun mempunyai usaha kecil kemudian mengupload surat usaha untuk mengupgrade akun kemungkinan besar tidak akan di approved.

Jadi, dompet digital DANA merchant memang lebih relevan untuk para pengusaha yang mempunyai bisnis menengah ke atas.

7. Limit Hutang Kecil

DANA juga menjadi salah satu dompet digital yang memberikan fitur pinjaman kepada para penggunanya. Akan tetapi, limit hutang yang diberikan cukup kecil sekitar Rp. 500.000,00 sampai dengan Rp. 1.000.000,00.

Selain itu, jangka waktu periode pinjaman yang diberikan juga singkat yaitu hanya satu bulan saja. Apabila kamu tidak dapat mengembalikan uang pinjaman dalam jangka waktu tersebut maka limit kredit kamu akan menurun.

Sedangkan, saat kamu membayar hutang tepat waktu maka dapat meningkatkan limit kredit sehingga jumlah hutang dapat naikan menjadi Rp. 2.000.000,00 dan seterusnya.

8. Tidak Ada Feed Back

Tidak ada feed back merupakan salah satu kekurangan aplikasi dana karena saat pengguna melakukan deposito dalam jumlah puluhan juta tidak akan bertambah.

Saat kamu melakukan deposito di bank maka jumlah uang akan bertambah sesuai dengan suku bunga yang berlaku.

Kelebihan Aplikasi DANA

Kekurangan Aplikasi DANA

Setelah mengetahui kekurangan aplikasi DANA maka ketahui juga kelebihan dari e-wallet yang satu ini, berikut ini ulasannya.

1. Transaksi Tagihan Dimanapun dan Kapanpun

Kelebihan penggunaan aplikasi DANA yang pertama yaitu penggunanya dapat melakukan transaksi tagihan dengan mudah dan cepat. Pembayaran transaksi yang dapat dilakukan dengan e-wallet ini yaitu pembayaran paket data, listrik, PDAM, BPJS, dan asuransi.

2. Pembayaran Transaksi Berbagai Merchant

Berikutnya, pengguna yang memiliki saldo DANA maka dapat melakukan pembayaran transaksi di berbagai Merchant seperti  e-commerce Lazada, KFC, Alfamart, Ramayana, Hoka Bento, Kopi Kenangan, Moka, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Banyak Promo Menarik

Saat kamu menggunakan saldo DANA untuk melakukan pembayaran transaksi maka akan ada banyak promo menarik yang dapat kamu nikmati. Misalnya, pembelian transaksi di Lazada menggunakan metode pembayaran DANA akan mendapatkan cashback 10%.

Pembelian paket data dan listrik juga biasanya mendapatkan banyak potongan harga sehingga menguntungkan para penggunanya.

Dengan begitu, kamu dapat membeli produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan melakukan transaksi secra offline.

Baca juga: Cara Mengganti Nomor Dana yang Hilang

4. Gratis Biaya Transfer

Ketika kamu akan transfer lewat rekening bank ke bank lain maka harus siap-siap memperhitungkan biaya admin yang harus dibayarkan. Saat kamu transfer ke bank lain menggunakan aplikasi DANA maka tidak perlu memikirkan biaya transfer.

Tetapi, ketahui juga gratis biaya transfer hanya berlaku untuk para pengguna yang sudah memiliki akun premium atau akun DANA yang sudah diupgrade.

Jika, akun DANA kamu belum diupgrade maka akan tetap dikenakan biaya transfer sekitar Rp. 4.000,00. Hal tersebut memang menjadi salah satu kekurangan aplikasi DANA.

Cara Membuat Akun di Aplikasi DANA

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi DANA, kamu tertarik untuk memiliki akun pada aplikasi tersebut? Berikut ini langkah-langkah membuat akun di aplikasi DANA:

  • Menginstall aplikasi DANA di ponsel android.
  • Jalankan aplikasi, masukkan nomor telephone kamu.
  • Pastikan nomor tersebut akan menjadi akun DANA.
  • Kemudian klik “Lanjut”.
  • Silahkan, masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan ke ponsel.
  • Buat password berupa kode PIN.
  • Selesai

Setelah akun DANA kamu berhasil dibuat, untuk bisa menikmati layanan gratis transfer maka harus mengupgrade akunnya ke Premium, berikut ini langkah-langkah upgrade akun DANA.

  • Buka aplikasi DANA.
  • Klik menu “Saya”.
  • Pilih menu “Verifikasi Akun Saya”.
  • Upload foto e-KTP milik kamu.
  • Ambil foto selfie dengan e-KTP sesuai petunjuk.
  • Pastikan data sudah sesuai dengan e-KTP.
  • Tunggu proses verifikasi.

Cara mengetahui DANA sudah premium, setelah mengajukkan proses verifikasi maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa akunmu sudah berhasil diupgrade.

Cara Menggunakan Aplikasi DANA

Aplikasi DANA dapat digunakan untuk berbagai hal, berikut ini beberapa cara menggunakannya.

1. Cara Transfer Uang dari DANA ke Bank

  • Buka aplikasi DANA.
  • Klik opsi menu “Kirim”.
  • Pilih opsi “Kirim ke Bank”.
  • Klik opsi “Tambahkan rekening bank”.
  • Silahkan, kamu tuliskan nomor rekening dan jumlah nominal yang akan dikirim.
  • Klik “Saldo DANA”.
  • Tunggu pemberitahuan kirim uang berhasil.

2. Cara Beli Pulsa Pakai Aplikasi DANA

  • Jalankan aplikasi DANA.
  • Klik opsi, “Pulsa dan Data”.
  • Masukkan nomor ponsel yang akan diisi pulsa.
  • Pilih jumlah nominal.
  • Konfirmasi, klik bayar.

Setelah mengetahui kekurangan aplikasi DANA dan kelebihannya maka kamu dapat menggunakan e-wallet ini sesuai dengan kebutuhan.

Check Also

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagram di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone – Instagram merupakan platform berbagi foto dan video dalam …