6 Cara Mengatasi Laptop Stuck di Logo Hingga Kembali Normal

Aurora

Laptop stuck di logo

Laptop stuck di logo sangat mengganggu aktivitas dan kinerja perangkat IT itu sendiri. Biasanya permasalahan ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti serangan virus atau malware. Ini mengakibatkan pengoperasian windows tidak bekerja secara maksimal.

Oleh karena itu, Anda bisa menginstal antivirus agar kondisi laptop stuck seperti ini bisa diminimalisir. Namun jika kondisi ini terjadi pada perangkat Anda, simak cara mengatasi windows 10 di logo pada artikel yang akan dibahas sebagai berikut.

Cara Mengatasi Laptop Stuck di Logo

Sebenarnya, cara untuk mengatasi laptop error tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu menerapkan langkah-langkah yang sudah dibagikan di bawah ini:

1.Restart Laptop

Langkah pertama untuk mengatasi laptop Anda yang tiba-tiba stuck di logo, maka Anda bisa mematikan laptop dan menyalakannya kembali atau restart. 

Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol power hingga laptop mati, lalu tunggu beberapa saat, dan hidupkan kembali. Jika masalahnya tidak terlalu serius atau hanya disebabkan oleh sistem kecil, ini sudah cukup untuk memperbaikinya.

2. Menggunakan scan virus

Salah satu penyebab laptop error dan terus stuck di logo adalah karena adanya virus. Nah, jika hal ini terjadi maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya menggunakan scan virus. 

Untuk software bebas, Anda bisa menggunakan software premium atau gratis.

3. Perbaiki Boot Loader

Cara mengatasi laptop stuck di logo selanjutnya adalah dengan memperbaiki boot loader. Langkah-langkah yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki boot loader adalah sebagai berikut: 

  • Masuk ke safe mode dengan cara restart laptop lalu tekan F8 berulang kali 
  • Pilih Safe Mode dengan Command Prompt lalu tekan enter 
  • Ketik bootrec/fixmbr lalu tekan enter 
  • Ketik bootrec/fixboot lalu enter 
  • Ketik bootrec/rebuildbcd lalu enter 
  • Nyalakan kembali atau restart laptop.

4. Perbaiki File Sistem

Masalah laptop stuck di logo lock screen terjadi karena file sistem yang error atau rusak. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan fitur seperti chkdsk atau sfc /scannow. 

Chkdsk digunakan untuk memeriksa integritas file sistem dan sektor fisik pada harddisk, serta mengatasi kesalahan yang ditemukan dengan perintah “ chkdsk /f /r”. 

Sfc /scannow digunakan untuk memeriksa dan memperbaiki file sistem Windows yang rusak dengan perintah “sfc /scannow”. Anda dapat membuka Command Prompt dalam mode aman dan melakukan backup data terlebih dahulu.

5. Startup Repair pada Windows

Cara mengatasi masalah ini yang lainnya yaitu dengan menggunakan metode perbaikan startup di Windows. Dengan cara ini, sistem operasi Windows akan segera bereaksi dan akan diperbaiki pada saat yang bersamaan.

Untuk memulai perbaikan startup, Anda dapat menggunakan tombol F11 yang diulangi secara bersamaan setelah menekan tombol tersebut beberapa kali. 

Setelah itu akan muncul menu yang berisi opsi startup lanjutan. Nah di halaman selanjutnya Anda bisa menekan menu pemecahan masalah dan menyelesaikan cara ini dengan menggunakan petunjuk yang tersebar di setiap halaman.

6. Bawa ke Teknisi

Cara terakhir yang bisa Anda pilih untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke teknisi yang handal dan terpercaya. 

Hal ini bisa Anda lakukan jika Anda tidak yakin bisa melakukan perbaikan sendiri, apalagi jika Anda belum pernah membongkar laptop atau sejenisnya. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop stuck di logo. Selain itu, jangan lupa untuk membackup file-file penting sebelum melakukan perbaikan. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Post