Cara kompres foto hingga 100KB

Cara Kompres Foto Hingga 100KB Tanpa & dengan Aplikasi

Semakin besar ukuran foto menunjukkan kualitas foto yang bagus, tetapi hal tersebut sangatlah memakan ruang penyimpanan. Bahkan, dalam upload foto di suatu situs biasanya juga disarankan dengan ukurannya yang kecil. Cara kompres foto hingga 100KB dapat dilakukan di laptop dan android dengan mudah.

Saat ini, kamu dapat mengkompres foto menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi sehingga ukuran fotonya menjadi lebih ringan.

Cara Kompres Foto Hingga 100KB di Laptop

Kamu dapat melakukan cara kompres foto hingga 100KB di laptop dengan mudah, tanpa aplikasi. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Buka Situs IMGONLINE.com

Cara kompres foto hingga 100KB di laptop tanpa aplikasi yaitu menggunakan situs Imgonline.com. Silahkan, kamu buka situs https://www.imgonline.com.

  1. Pilih File

Berikutnya, setelah situs online imgonline terbuka maka kamu scroll layar ke bawah. Temukan opsi menu Choose File, pilih foto yang akan dikompress. Setelah itu, pilih cara mengkompress foto berdasarkan pilihan mengubah ukuran asli berdasarkan persentasi.

  1. Size Reducing

Pada bagian Size Reducing, disarankan untuk memilih format foto JPEG dengan kualitas standar. Selain itu, progressive format JPEG juga proses loadingnya lebih cepat. Format foto tersebut juga recomended untuk foto yang akan diunggah ke website.

Pada bagian Copy EXIF dan Other Metadata, jika kamu mengklik Yes maka semua data yang ada di foto seperti ISO, aperture, dan lainnya tidak akan terubah.

Sedangkan, jika kamu pilih No maka semua datanya tidak akan tercopy saat dikompress.

  1. Kompres Foto

Apabila kamu sudah selesai mengatur format dan lainnya maka klik OK kompress foto JPEG. Silahkan tunggu dalam waktu beberapa saat, saat sudah selesai maka muncul notifikasi kompress foto 100 % berhasil.

Setelah itu, kamu bisa klik download hasil fotonya.

Melakukan cara kompres foto hingga 100KB tanpa aplikasi, cukup mudah bukan? Tanpa menggunakan pihak ketiga, kamu dapat membuat ukuran fotomu menjadi lebih ringan.

Cara Kompres Foto Hingga 100kb dengan TinyJPG

Kamu juga dapat mengkompress foto hingga 100KB menggunakan TinyJPG yang langkah-langkahnya cukup mudah, berikut ini ulasannya.

  • Pertama, silahkan siapkan foto yang akan dikompres ukurannya.
  • Bika situs TinyJPG atau TinyPNG sesuai dengan format yang kamu inginkan.
  • Setelah itu, Klik Drop your .png or .jpg files.
  • Cari lokasi penyimpanan file foto yang akan dikompres.
  • Klik upload maka foto secara otomatis akan dikompres.
  • JIka proses kompres sudah selesai, klik download.

Setelah selesai mengkompress foto menggunakan TinyJPG maka kamu bisa melihat file fotonya di menu download. Untuk hasil kompres foto di TinyJPG antara sebelum dan sesudahnya tidak terlalu berbeda. Meskipun ukuran fotonya lebih kecil, tetapi kualitas fotonya tidak berkurang.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100KB di Paint

Cara mengubah ukuran foto di Paint dengan berbagai format foto cukup mudah. Dengan begitu, kamu juga tak perlu menginstall aplikasi kompres foto. Hal tersebut dikarenakan paint, software edit foto bawaan laptop mempunyai menu yang mudah digunakan.

Berikut ini langkah-langkah mengubah ukuran foto di laptop menggunakan Paint:

  • Buka aplikasi Paint di laptop.
  • Masukkan foto yang akan diubah ukurannya dengan klik tombol CTRL+O.
  • Klik menu Resize.
  • Ubah ukurannya dengan percentage atau pixels.
  • Setelah itu, hilangkah tulisan “maintain aspect ration”.
  • Kemudian ubah ukuran vertikal dan horisontal, (opsional).
  • JIka sudah, klik ceklist.
  • Ubah nilai 100 di kolom verital dan horizontal menjadi angka yang kita inginkan agar ukuran foto bisa menjadi 100KB saja.
  • Klik OK.

Mengubah ukuran foto di Paint mengharuskan kamu mengubah ukuran foto dari sisi vertikal dan horizontalnya. Oleh karena itu, pastikan kualitas foto tetap bagus meski telah dikecilkan ukurannya.

Baca juga: Cara Menggabungkan Foto

Cara Kompres Foto Hingga 100KB di HP

Jika kamu ingin lebih mudah mengkompress foto hingga 100KB di HP maka dapat menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini:

1.   Aplikasi Photo Compress dan Resize

Cara kompress foto hingga 100 KB yang pertama yaitu menggunakan aplikasi Photo Compress dan Resize yang dapat mengecilkan ukuran foto dengan hasil gambar tetap bagus.

Aplikasi ini mempunyai fitur Crop foto untuk memotong gambar yang tidak penting dengan navigasi yang cukup mudah. Selain itu, terdapat pula fitur Batch Kompress yang dapat membantumu mengkompress foto dalam jumlah banyak sekaligus.

2.   Aplikasi Photo Compres 2.0

Aplikasi kedua yang recomended untuk mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil dengan kualitas bagus yaitu Photo Compres 2.0. Saat menggunakan aplikasi ini untuk mengedit foto, kamu akan terbebas dari iklan.

Tidak hanya dapat mengkompres foto, aplikasi Photo Compres juga dapat mengcrop dan merize foto dengan cepat.

Kamu dapat mengkompres foto dengan jumlah 10 sekaligus dalam masa percobaan. Setelah itu, kamu harus menggunakan fitur berbayar.

3.   Aplikasi Puma Image Compress

Puma Image Compress dapat mengecilkan ukuran foto hingga 100 KB. Aplikasi ini tiga mode dalam mengkompress foto mulai dari Auto, Resolusi dan Kualitas, serta Ukuran foto.

Aplikasi kompres foto yang satu ini mempunyai menu yang sangat lengkap. Selain itu, terdapat fitur berbagai foto otomatis ke berbagai akun media sosial dan email. Bahkan, pengguna dapat mengirimkan foto dalam jumlah 100 sekaligus ke email.

Dengan begitu maka hasil foto yang sudah dikompres tidak akan memenuhi ruang penyimpanan di ponselmu.

4.   Aplikasi PicTools Batch

Cara kompres foto hingga 100KB juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi PicTools Batch. Tenang saja, aplikasi ini tidak akan merubah kualitas fotomu meski ukurannya menjadi kecil.

Bahkan, aplikasi kompress foto yang satu ini juga dapat digunakan secara online sehingga sangat memudahkamu untuk mengecilkan foto tanpa paket data.

Desainnya yang sederhana dan minimalis membantu para pengguna melakukan kompres foto dengan sangat mudah, bahkan hanya tiga langkah cepat yaitu pilih foto, upload, dan kompress.

5.   QReduce Lite

QReduce Lite memberikan kemudahan untuk mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil sampai 50KB. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan kepada para penggunanya untuk mengubah ukuran foto dalam jumlah banyak sekaligus.

Berbagai fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini tidak berbayar, kamu dapat menggunakan semua fiturnya secara gratis. Nantinya, setelah selesai mengkompress foto tersebut, secara otomotis gambar akan langsung tersimpan di perangkatmu.

6.   Reduce Foto Size

Reduce Foto Size merupakan salah satu aplikasi untuk kompres foto 200KB yang ukurannya ringan. Dengan begitu maka tidak akan memenuhi kapasitas ruang penyimpanan di perangkatmu.

Tidak hanya dapat mengkompres foto, aplikasi ini juga mempunyai fitur memotong, memutar, dan beragam fitur lainnya yang dapat kamu gunakan sekaligus.

Kamu juga dapat mengkompress beberapa foto dalam waktu bersamaan sehingga sangat menghemat waktu.

Ternyata, cara kompres foto hingga 100 kb untuk laptop dan hp sangat bervariasi. Silahkan, lakukan cara yang paling mudah dan cepat untuk mengubah ukuran foto. Pastikan kualitas fotonya tetap bagus.

Check Also

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagram di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone – Instagram merupakan platform berbagi foto dan video dalam …