Cara Membuang Air di Mesin Cuci Satu dan Dua Tabung

Aurora

cara membuang air di mesin cuci

Dalam beberapa tahun terakhir, mungkin Anda menyadari jika penggunaan mesin cuci terus naik dari hari ke hari. Hanya saja, memang masih belum banyak orang yang tahu bagaimana cara memakainya, termasuk cara membuang air di mesin cuci 1 dan 2 tabung.

Padahal, membuang air adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan agar bisa membilas ulang dan mengangkat cucian dari mesin cuci. Maka dari itu, berikut adalah penjelasan tentang di mana letak pembuangan air mesin cuci dan cara menggunakannya!

Bagaimana Cara Membuang Air Mesin Cuci?

Secara garis besar, bagaimana cara menggunakan mesin cuci 2 tabung dan 1 tabung memang tidak sama. Karena itu, Anda harus tahu apa yang harus dilakukan untuk membuang air di dalam kedua jenis mesin cuci tersebut seperti pada penjelasan berikut!

1. Mesin Cuci Satu Tabung

Seperti apa yang sudah Anda ketahui, berdasarkan jumlah tabungnya suatu mesin cuci bisa dibedakan menjadi dua, yaitu mesin cuci satu tabung dan mesin cuci dua tabung. Tabung tersebut berfungsi sebagai tempat membilas dan mengeringkan baju atau pakaian.

Sama seperti namanya, mesin cuci satu tabung hanya memiliki satu tempat untuk membilas dan mengeringkan baju. Jadi, Anda akan melakukan kedua kegiatan tersebut di satu tabung yang sama. Karena itu, Anda tidak bisa melakukan keduanya  di saat bersamaan.

Jika Anda belum pernah menggunakan mesin cuci atau baru berpindah dari mesin cuci dua tabung ke suatu tabung, wajar jika Anda merasa bingung. Hal ini karena tidak ada tombol di mesin yang mengarah ke pembuangan air, karena air tersebut akan terbuang otomatis

Supaya lebih jelas, berikut adalah cara membuang air di mesin cuci 1 tabung yang bisa Anda lakukan dengan mudah!

  • Pertama-tama, pastikan jika mesin cuci sudah terisi air dan sudah terhubung dengan listrik.
  • Setelah itu, masukkan baju ke dalam mesin dan turunkan selang yang diarahkan langsung ke tempat pembuangan air agar tidak meleber ke mana-mana.
  • Kemudian, pilih menu Power > Function > Spin jika Anda hanya ingin mencuci baju saja.
  • Apabila sudah, pilih Start hingga lampu indikator mesin menyala dan proses pencucian dimulai.
  • Setelah proses pencucian selesai, air di dalam mesin akan terbuang secara otomatis tanpa harus menekan tombol apapun lagi.
  • Terakhir, tekan tombol Power Off setelah semua air telah terbuang jika Anda tidak ingin melanjutkan ke proses pengeringan.

2. Mesin Cuci Dua Tabung 

Berbeda dengan mesin cuci satu tabung yang melakukan proses pencucian dan pengeringan di tabung yang sama, mesin cuci dua tabung melakukannya di dua tabung berbeda. Karena itu, pembuangan air di mesin cuci jenis ini harus dilakukan secara manual.

Supaya lebih jelas, berikut adalah cara membuang air di mesin cuci 2 tabung yang bisa Anda ikuti dengan mudah dan tanpa harus ribet!

  • Pertama-tama, pastikan jika mesin cuci sudah terisi air dan sudah terhubung dengan listrik.
  • Setelah itu, masukkan baju ke dalam mesin dan lakukan proses pencucian dengan memutar tuas Wash ke angka-angka yang ada di sekitarnya. 
  • Kemudian, tunggu hingga proses pencucian selesai dan tuas Wash sudah berada di posisi awal.
  • Apabila sudah, turunkan selang pembuangan air ke tempat di mana Anda ingin membuang airnya. 
  • Setelah itu, putar tuas Cycle Selector ke opsi Drain untuk membuang air di dalam mesin.
  • Terakhir, masukkan pakaian ke tabung pengeringan jika ingin mengeringkannya atau langsung angkat dari mesin jika tidak ingin melakukannya.

Penutup

Itulah cara membuang air di mesin cuci 1 dan 2 tabung yang bisa Anda lakukan dengan cepat dan mudah. Jadi, selamat mencoba pada elektronik di rumah Anda!

Tags

Related Post