cara membuat celengan target

Cara Membuat Celengan Target yang Sedang Viral di TikTok

Belakang ini muncul video viral mengenai celengan bertarget di media sosial. Dalam video tersebut menampilkan cara membuat celengan target dan tips menabung yang efektif menggunakan celengan tersebut. Metode celengan target ini memang menarik dan akan menimbulkan dorongan untuk rajin menabung terutama bagi orang-orang yang sulit untuk menabung.

Hal tersebut disebabkan mindset dan juga metode menabung yang diterapkan masih salah. Menurut para ahli, kunci dari menabung adalah konsisten dan menentukan tujuan dalam menabung juga. Oleh sebab itu metode celengan target ini menarik sekali untuk diterapkan. Berikut ini adalah cara untuk membuat celengan target tersebut:

Cara Membuat Celengan Target

Sebelum mulai untuk membuat celengan target maka sebelumnya siapkan dahulu rencana dan juga tujuan dari tabungan tersebut. Hal tersebut akan memudahkan ketika membuat target di celengan. Selain itu menentukan tujuan yang jelas juga bisa menjadi pendorong untuk lebih semangat dalam menabung.

Untuk pemula bisa memulai menabung dengan tujuan hal-hal yang disukai, seperti membeli sesuatu, pergi traveling atau hal-hal lainnya. Dengan demikian menabung tidak hanya sekedar menyisihkan uang saja namun memiliki tujuan yang terarah dan strategis. Ketika memiliki tujuan yang jelas maka tinggal menyesuaikan tabungan dengan tujuan yang ingin dicapai. Berikut adalah cara membuat celengan:

1. Membuat Tabel Target

Selanjutnya cara membuat celengan target tentunya harus membuat tabel target. Tabel target ini tujuannya untuk memudahkan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan yang sudah ditentukan di awal tadi direalisasikan pada tabel target ini.

Tentukan jumlah uang yang ingin dicapai dalam tujuan tersebut. Kemudian tentukan juga untuk menabung dalam jangka panjang atau pendek. Sederhananya tentukan batasan waktu untuk menabung tersebut sesuai keinginan misalnya bulanan atau tahunan.

Setelah itu tentukan nominal uang yang harus dimasukkan ke dalam celengan. Misalnya memiliki tujuan untuk menabung uang sebesar 3 juta dalam waktu enam bulan. Anda bisa membuat tabel celengan dengan menentukan nominal harian yang harus dimasukkan ke dalam celengan tersebut. Untuk membuat tabel tersebut bisa dibuat dengan tulis tangan atau bisa juga di print.

2. Menyiapkan Wadah untuk Celengan

Setelah menentukan target dan memiliki tabel target maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan wadah celengan yang akan digunakan. Untuk wadah celengan bisa menggunakan apa saja. Bisa dengan cara membeli celengan jadi atau membuat sendiri. 

Apabila ingin membuat celengan sendiri bisa menggunakan barang-barang sederhana seperti toples, botol atau benda lain. Jika menggunakan toples, maka hanya perlu membuat lubang pada tutup untuk memasukkan uang. Buat toples tidak mudah dibuka agar anda tidak tergoda untuk melihat hasil sebelum waktunya.

3. Menempelkan Tabel pada Wadah Celengan

Hal terpenting adalah wadah celengan aman dan dapat digunakan untuk menyimpan uang tabungan. Setelah beberapa panduan cara membuat celengan target di atas, langkah selanjutnya tentu saja adalah menempelkan tabel target pada wadah celengan. Tabel tersebut nantinya akan menjadi panduan dalam menabung.

Setelah itu celengan target sudah jadi dan bisa mulai menabung dengan menggunakan bantuan tabel target tadi. Masukkan nominal uang yang tertera di tabel kemudian silang kolom tabel setiap selesai memasukkan uang. Dengan demikian anda akan lebih mudah dalam mencapai target tabungan.

Itu tadi adalah cara membuat celengan target yang sedang viral akhir-akhir ini di media sosial. Cara membuatnya ternyata sangat mudah. Selain itu metode yang satu ini juga termasuk cukup efektif untuk membantu dalam mencapai tujuan dalam menabung sebab target dan strateginya lebih terarah daripada hanya sekedar menyisihkan uang saja.

Check Also

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagram di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone – Instagram merupakan platform berbagi foto dan video dalam …