cara memperbaiki tv hidup tapi tidak menampilkan gambar

Cara Memperbaiki TV Hidup Tapi Tidak Menampilkan Gambar

Seringkali pengguna TV mengalami beberapa kendala ketika ingin menonton. Salah satu yang kerap terjadi adalah TV sudah hidup tetapi tidak mau menampilkan gambar yang diinginkan. Tentunya semua itu memiliki faktor yang menjadi penyebab, sekaligus terdapat cara untuk memperbaiki masalah satu ini. Berikut ada beberapa penyebab serta cara memperbaiki TV hidup tapi tidak menampilkan gambar.

Faktor Penyebab

Sebelum melangkah lebih jauh ke cara memperbaiki TV hidup tapi tidak menampilkan gambar, tentunya Anda harus mengetahui apa saja penyebab yang bisa terjadi. Supaya tidak salah langkah dalam mengambil keputusan menggunakan metode seperti apa dalam memperbaikinya. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Kesalahan Pengaturan Program

Penyebab atau faktor pertama bisa saja disebabkan oleh si pengguna itu sendiri. Pengguna seringkali dengan tidak sadar salah dalam mengatur program yang ada di televisinya. Sehingga, membuat TV yang sudah hidup tidak mau menampilkan sebuah gambar atau bahkan suara. Umumnya, TV harus diprogram ke dalam mode AV agar bisa menampilkan gambar.

2. Mesin TV rusak

Untuk yang berikutnya, penyebab bisa datang dari mesin TV tersebut. Bisa jadi salah satu komponen di dalam perangkat sudah usang atau rusak. Sehingga, membuat TV tidak mau menampilkan sebuah gambar. Mesin TV yang sudah rusak jarang sekali diketahui oleh si pengguna.

3. Matinya Lampu Indikator

Cara memperbaiki TV hidup tapi tidak mau menampilkan gambar bisa saja membutuhkan pergantian sparepart. Pada penyebab yang satu ini bisa karena lampu indikator yang ada di TV mati. Sehingga, TV tidak memunculkan sebuah gambar atau bisa juga suaranya juga hilang. Biasanya lampu tersebut terletak pada bagian belakang TV dan letaknya sedikit sempit.

4. Modul T-Con Rusak

Pada TV zaman sekarang biasanya sudah dilengkapi pula dengan sebuah modul yang bernama T-Con. Modul tersebut berguna untuk menyalurkan sebuah tegangan ke dalam panel TV. Tegangan tersebutlah yang membuat TV dalam memunculkan sebuah gambar serta suara juga. Biasanya ditandai dengan layar TV yang berubah warnanya menjadi kebiruan.

Kalau memang yang rusak adalah modul T-Con, maka cara memperbaiki TV hidup tapi tidak mau menampilkan gambar ini boleh jadi agak mahal ya.

5. Kabel TV

Penyebab kali ini bisa muncul karena beberapa kabel TV tidak terpasang dengan benar. Biasanya kabel tidak diletakan pada tempatnya yang benar sehingga membuat TV tidak mau memunculkan sebuah gambar sesuai keinginan. Maka, cek dulu apakah komponen kabel sudah sesuai pada tempatnya atau belum.

Cara Memperbaiki TV Hidup Tapi Tidak Menampilkan Gambar

Apabila sudah mengetahui apa saja penyebab yang mungkin terjadi pada TV yang tidak memiliki gambar. Di bawah ini akan diberikan beberapa tutorial atau cara memperbaiki TV hidup tapi tidak menampilkan gambar berdasarkan penyebabnya. Yaitu sebagai berikut:

1. Perbaiki Lampu Backlight

Jika yang menjadi penyebab adalah lampu backlight maka pengguna perlu menggunakan metode pertama ini. Biasanya untuk mengetahui apakah memang yang bermasalah lampu bakclight, pengguna bisa menggunakan sebuah senter untuk melihatnya. Untuk lebih jelasnya lagi, mari ikuti panduan berikut:

  • Seperti yang sudah disebutkan di atas, cek dahulu kondisi lampu backlightdengan menggunakan senter. Apabila ada salah satu yang mati, maka bisa langsung ke langkah berikutnya.
  • Lepas semua komponen perangkat TV dengan cara membalikkan TV pada permukaan yang datar. Lalu buka juga bagian-bagian belakang TV yang terpasang dengan sebuah baut.
  • Kemudian cek pula tegangannya dengan menggunakan sebuah alat bernama analog. Arahkan alat tersebut ke bagian lampu
  • Jika ada satu lampu saja yang tidak menyala, maka dipastikan masalah datang dari lampu tersebut.
  • Copot bagian lampu yang sudah rusak tersebut dan ganti dengan menggunakan lampu backlightyang baru.

2. Perbaiki Modul T-Con

Bila sudah dicek dan tidak ada masalah dengan lampu backlight, maka kemungkinan penyebabnya ada di faktor atau komponen lain. Biasanya yang kerap terjadi yaitu masalah pada modul T-Con TV tersebut.

Untuk cara memperbaikinya tentu berbeda dengan cara sebelumnya. Mari,  lihat saja cara memperbaiki TV hitup tapi tidak menampilkan gambar dengan metode satu ini:

  • Cek atau sentuhlah bagian T-Con terutama pada bagian IC Gamma, biasanya letaknya tidak terlalu jauh dengan T-Con.
  • Apabila setelah dicek dan menghasilkan panas yang tidak wajar, maka bisa dipastikan kerusakan disebabkan oleh modul T-Con.
  • T-con yang rusak bisa juga disertai dengan layar TV yang tiba-tiba gelap dan tidak menampilkan sebuah gambar.
  • Untuk memperbaikinya, bongkar komponen TCon dengan perlahan serta hati-hati. Lalu cek tegangannya menggunakan analog. Apabila tegangan yang dihasilkan berada di angka nol maka harus segera untuk diganti.
  • Namun, jika tegangannya masih di batas wajar maka cukup dibawa ke teknisi yang lebih ahli dalam bidang tersebut.

3. Perbaiki Kabel

Untuk cara memperbaiki TV hidup tapi tidak menampilkan gambar yang berikutnya cukup sederhana. Yakni disebabkan oleh kabel yang tidak terpasang dengan benar. Sehingga, membuat tidak mau menampilkan mode gambar dengan baik.

Kalau begitu, mari ikuti beberapa cara memperbaikinya di bawah ini:

  • Cek kondisi kabel RCA dengan benar, pastikan untuk mencolokkannya pada bagian warna yang tepat.
  • Pada warna kuning merupakan bagian gambar atau video, sedangkan pada warna merah serta putih merupakan bagian suara.
  • Pastikan pula untuk tidak memasang pada bagian mode AV Out,karena bisa menyebabkan kerusakan pada TV tersebut.
  • Apabila menggunakan kabel HDMI, maka bisa dicek pada bagian pengaturan inputpada program TV tersebut.
  • Pilihlah mode RCA lalu pilih lagi pada mode AV, dijamin TV akan menampilkan gambar dan bisa bekerja dengan normal kembali.

4. Cek Bagian Output

Cara memperbaiki TV hidup tapi tidak menampilkan gambar yang keempat ini yaitu dengan mengecek pada bagian output. Sebab, tanpa disadari bagian tersebut juga kadang bermasalah.

Sehingga, bisa pula menjadi penyebab TV tidak bisa menampilkan gambar. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Di bagian kaki basis transistor, lepaskan bagian kaki-kakinya agar bisa digunakan untuk mengecek.
  • Setelah dapat terlepas semua, ukurlah tegangan pada bagian output-nya. Gunakan buku petunjuk untuk mengetahuinya.
  • Apabila tegangan yang dihasilkan tidak sesuai, maka ada yang bermasalah dengan output tersebut. Bisa jadi karena ada aliran yang tersumbat.
  • Periksa bagian yang tersumbat dan segera bersihkan menggunakan sebuah benda yang lunak seperti kapas atau tisu.
  • Bersihkanlah dengan perlahan serta hati-hati, karena ini merupakan bagian yang rawan. Jika dirasa sudah bersih, maka cek kembali apakah TV sudah bisa menampilkan gambar lagi atau belum.

Kesimpulan

Berdasarkan semua data yang sudah dipaparkan di atas, maka bisa dikatakan bahwa TV yang tidak mau menampilkan sebuah gambar disebabkan oleh beberapa hal. Dari semua penyebab tersebut, dapat dijadikan patokan ketika ingin memperbaikinya. Setiap penyebab memiliki metode masing-masing dalam mengatasinya.

Jangan gunakan cara yang belum pasti jika tidak tahu penyebabnya. Karena, bisa jadi malah akan merusak komponen yang lain. Sehingga, masalah malah akan menyebar kemana-mana. Gunakan cara yang sesuai dengan penyebab serta kondisi dari TV tersebut.

Jadi, itulah beberapa penyebab serta cara memperbaiki TV hidup tapi tidak menampilkan gambar dengan normal. Pengguna bisa menggunakan salah satu cara yang sesuai dengan kondisi dari TV yang digunakan. Karena, tidak semua TV memiliki kondisi serta masalah yang sama.

Check Also

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Paling Ampuh

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Paling Ampuh

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi – Semakin kesini, kapasitas memori internal yang disematkan pada HP …