Cara Mempercepat Video di Filmora

Cara Mempercepat Video di Filmora dengan Mudah

Gerakan cepat dalam video dapat memberikan kesan dramatis sehingga lebih menarik. Cara mempercepat video di Filmora cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Selain mempercepat, kamu juga dapat memperlambat video dengan aplikasi Filmora.

Sebagai aplikasi edit video, Filmora mempunyai fitur edit video yang lengkap tetapi tidak berbayar dan bebas watermark. Berikut ini beberapa cara untuk mempercepat video di aplikasi Filmora.

Cara Mempercepat Video di Filmora dengan Penyesuaian Kecepatan

Video fast forward dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Filmora yang langkah-langkah tutorialnya cukup mudah untuk dilakukan, berikut ini ulasannya.

1. Add File Video ke Editor Filmora

Untuk cara mempercepat video di Samsung, langkah pertama yaitu menambahkan file video yang akan di edit di aplikasi Filmora, kamu dapat melakukannya dengan tutorial berikut ini:

  • Buka aplikasi edit video Filmora.
  • Klik Impor di menu media library.
  • Pilih file video ke menu editor.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa menambahkan video yang akan diedit ke menu editor Filmora dengan menyeret dan melepas file video di album pengguna. Aplikasi edit video yang satu ini mendukung semua format video mulai dari AVI, MP4, TP, MKV, EVO, FLV, M4V, ASF, 3GP, MPEG, dan format video lainnya.

2. Klik Fitur Mempercepat

Setelah berhasil menambahkan video ke album Filmora maka lanjutkan dengan seret video yang akan diedit ke Timeline trek video. Kemudian, klik kanan untuk opsi Kecepatan dan Durasi.

Setelah iitu, pop-up akan muncul, terdapat beberapa angka kecepatan yang menunjukkan kecepatan gerakan dalam video. Sesuaikan kecepatan gerakan dalam video tersebut, sesuai dengan keinginan.

Lihat efek pratinjau edit video untuk mengetahui kecepatan yang dipilih sudah tepat atau belum, pilih kecepatan yang tidak berlebihan. Pilihan kecepatan yang bisa kamu gunakan yaitu 0,1 kali, sampai dengan 10 kali.

Cukup ubah kecepatan video dengan cara menyeret fitur penggeser kecepatan.

3. Sesuaikan Audio

Jika sudah berhasil mengubah kecepatan video maka disarankan untuk menyesuaikan audionya. Hal tersebut bertujuan agar videonya tetap bagus sesuai dengan audio.

Saat kamu mengubah kecepatan maka audionya akan berubah. Jika ingin mempertahankan audio asli maka harus melepaskan audionya terlebih dahulu sebelum mengubah kecepatan videonya.

Untuk membuat audio yang lebih sempurna di bagian video kamu maka perlu melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik dua kali bagian klip audio.
  • Muncul menu pengeditan audio.
  • Edit fade in atau out.
  • Sempurnakan audio dengan menghilangkan suara bising dan lainnya.

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan audio baru ke dalam video.

4. Ekspor Video

Jika kamu sudah selesai mengedit video dengan mengubah kecepatannya maka ekspor hasil video ke ruang penyimpanan. Begini cara ekspor video di Filmora:

  • Klik Ekspor.
  • Simpan dalam format video yang diinginkan dengan mengklik Format.
  • Klik perangkat.
  • Klik Ikon perangkat ponsel.
  • Selesai

Kamu juga dapat langsung secara otomatis membagikan video yang selesai di edit ke Youtube dan media sosial lainnya.

Cara Mempercepat Video di Filmora dengan Pengaturan Durasi

Untuk mempercepat video di Filmora dengan pengaturan durasi maka kamu dapat melakukan langkah-langkah mudah di bawah ini:

  • Impor klip video yang akan diedit ke Timeline.
  • Klik Kanan.
  • Klik opsi Kecepatan dan Durasi.
  • Buka menu pop-up kecepatan.
  • Pada menu durasi terlihat durasi asli video.
  • Mengubah waktu durasi menjadi lebih singkat.
  • Sesuaikan durasi video dengan memasukkan angka di bagian kolom.

Setelah selesai mengedit maka lihat pratinjau untuk memeriksa bahwa video yang kamu edit sudah mempunyai efek gerakan cepat yang terbaik. Klik simpan lalu ekspor file videonya.

Cara Memperlambat Video di Filmora

Selain mempunyai fitur untuk mempercepat, aplikasi Filmora juga dapat memberikan efek edit memperlambat video. Berikut ini langkah-langkah membuat video slow motion di Filmora :

  • Simpan video yang akan di edit ke album Filmora.
  • Tekan tombol Spasi untuk menstop dan start video.
  • Pilih pada menit dan detik keberapa video akan di edit menjadi slow.
  • Klik kiri dua kali pada bagian video.
  • Muncul pengaturan split dan dan cut.
  • Geser durasi video ke kiri dari kondisi normat bernilai 1 sampai 0.5.
  • Jika sudah selesai, klik Ok.

Fitur dalam Aplikasi Edit Video Filmora

Cara mempercepat video di Filmora cukup mudah dengan menjalankan beberapa fitur yang terdapat di dalam aplikasi, berikut ini beberapa fiturnya yang membuat videomu menjadi lebih bagus.

1. Fitur User Interface

Cara mempercepat video di Filmora menjadi lebih mudah dengan fitur user interface di bagian menu welcome page. Di bagian menu aplikasinya tersedia tampilan tools edit video yang lebih rapi sehingga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya untuk mengedit video.

2. Fitur Instant Mode

Terdapatt fitur Instant Mode yang dapat digunakan uuntuk mempermudah mengedit video menjadi lebih bagus dari berbagai template yang sudah ada.

Tersedia 98 templates yang dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti education, vlog, cinematic, dan travel. Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa klik template yang diinginkan kemudian klik use.

3. Fitur Auto Montage Maker

Cara mempercepat video di Filmora dapat menggunakan fitur Auto Montage Maker. Fitur ini dapat kamu gunakan sebagai cara instan untuk membuat cuplikan video dengan sangat cepat.

Untuk mengedit video menjadi lebih cepat, kamu cukup lakukan Langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama klik kanan di menu ‘footage’,
  • kemudian pilih Auto Beat Sync,
  • Masukan video.
  • Pilih durasi cuplikan.
  • Klik analyze.

Baca juga: Cara Menghilangkan Background Video di KineMaster

4. Fitur Visual Effect

Visual effect pada aplikasi Filmora mempunyai fitur baru yaitu Newblue FX dan Boris FX.

Dengan menggunakan efek visual tersebut maka akan membuat videomu menjadi lebih bervariasi sehingga lebih menarik tampilannya.

5. Fitur Auto Sync Audio

Sebagai fitur unggulan Filmora, Auto Sync Audio dapat digunakan untuk melakukan sinkronisasi audio yang sudah direkam secara terpisah dari file video.

6. Fitur Speed Ramping

Speed Ramping merupakan fitur aplikasi yang dapat digunakan untuk memanipulasi durasi dari moment atau poin pada klip video.

Di dalam fitur tersebut tersedia berbaggai template Speed Ramping yang dapat kamu pilih untuk memodifikasi durasi sesuai keinginan.

Cara mempercepat video di Filmora juga dapat dilakukan dengan memanipulasi durasi dengan fitur ini.

7. Fitur Masking dan Keyframe

Kamu juga dapat menggunakan fitur Masking dalam memperindah video yang dibuat.

Jadi, fitur masking ini memungkinkan pengguna untuk mengubah bentuk objek di dalam video sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Dalam fitur ini, terdapat tools keyframe yang bisa digunaka untuk mengatur animasi dari masking yang telah dibuat.

8. Stock Media

Terakhir, terdapat fitur edit video Filmora Stock Media yang menyediakan beberapa gambar, animasi, video, dan GIF. Ada beberapa animasi yang berbayar dan non berbayar.

Hal tersebut dikarenakan aplikasi edit video Filmora bekerja sama dengan berbagai situs website yang menyediakan asset gambar, GIF, dan video.

Dari penjelasan pada paragraf di atas, dapat disimpulkan cara mempercepat video di Filmora dapat dilakukan dengan berbagai langkah. Kamu dapat menggunakan cara yang langkah-langkahnya paling mudah.

Check Also

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagram di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone – Instagram merupakan platform berbagi foto dan video dalam …