Cara Mengatasi Laptop Lemot agar Lebih Nyaman Dipakai

Aurora

cara mengatasi laptop lemot

Hampir semua orang pasti setuju jika laptop yang lemot terkadang memang membuat kesal karena bisa menghambat aktivitas. Itulah mengapa Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi laptop lemot agar auto ngebut dan lebih nyaman saat digunakan. 

Sebenarnya, caranya cukup mudah karena Anda hanya perlu memperbaiki penyebab laptop jadi lemot. Mulai dari karena terlalu banyak aplikasi sehingga kerja memori menjadi berat, karena serangan virus, atau karena hard disk usang yang tidak bisa bekerja maksimal.

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Lemot?

Lalu, apa saja langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop lemot Windows 10 maupun di sistem operasi yang lain? Supaya lebih jelas, berikut beberapa cara mengatasi laptop lemot agar Anda bisa menggunakannya dengan lebih nyaman!

1. Rajin Membersihkan Cache, Data, dan Aplikasi yang Sudah Tidak Terpakai

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja laptop adalah dengan rajin membersihkan cache, data, dan aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan. Sebab, cara  tersebut adalah cara tercepat dan termudah untuk meringankan beban memori.

Anda bisa membersihkan cache di dalam laptop dengan cara mengakses File Manager > Drive tujuan > Properties > General > Disk Cleanup. Sedangkan untuk menghapus data, Anda bisa memilih file yang akan Anda hapus > klik kanan > Hapus. 

Lalu, bagi Anda yang ingin menghapus atau menginstal aplikasi, Anda pun bisa melakukannya dengan mudah. Masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi dan Fitur > cari aplikasi yang sudah tidak terpakai > klik ikon tiga titik > Lainnya > Hapus Instalan. 

2. Pasang Antivirus di dalam Laptop

Selain karena beban memori yang sudah terlalu berat, laptop juga bisa lemot karena ada serangan virus. Maka dari itu, langkah mengatasi laptop lemot yang selanjutnya adalah memasang atau menginstal aplikasi antivirus agar laptop bisa terhindar dari hal itu. 

Selain dari virus, aplikasi tersebut juga dapat melindungi laptop Anda dari malware lainnya. Cara mengetahui apakah ada virus atau malware pun cukup mudah untuk Anda lakukan, yaitu dengan membuka aplikasi antivirus dan melakukan scan secara rutin.

3. Hindari Menginstal Aplikasi yang Tidak Sesuai Spesifikasi Laptop

Kemudian, Anda pun bisa menghindari untuk menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop. Sebab, hal itu akan membuat RAM bekerja dengan terlalu keras sehingga laptop Anda pun tidak bisa bekerja dengan maksimal dan optimal.

Karena itu, sebelum menginstal aplikasi, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu spesifikasi minimal agar laptop terhindar dari lemot. Jika Anda sudah terlanjur menginstalnya, Anda bisa menginstal aplikasi dengan segera agar laptop tidak lemot lagi.

4. Tambah Kapasitas RAM dan Ganti Memori Laptop

Lalu, ada banyak orang yang ingin tahu tentang apakah menambah RAM bisa mempercepat kinerja laptop atau tidak. Ternyata jawabannya adalah iya, karena semakin besar RAM laptop, performa atau kinerja laptop pun akan semakin cepat dan optimal.

Sebagai informasi, gunakan RAM di atas 8GB untuk menunjang semua aktivitas yang Anda perlukan. 

Selain menambah RAM, Anda pun bisa mengganti memori laptop agar bisa auto ngebut. Terlebih bagi Anda yang masih menggunakan memori HHD, segera ganti dengan SSD agar kinerja laptop bisa semakin cepat dan Anda bisa memakainya dengan nyaman.

Penutup

Itulah cara mengatasi laptop lemot agar auto ngebut dan lebih nyaman saat digunakan. Jadi, solusi untuk mengatasi laptop lemot memang tidak hanya membeli baru saja. Namun, Anda juga bisa memperbaiki kinerja laptop lama dengan cara di atas. 

Tags

Related Post