Cara Screenshot di Komputer dan Laptop dengan Simpel

Aurora

Cara screenshot komputer

Cara screenshot komputer tidak sulit untuk dilakukan mengingat fitur screenshot di PC  merupakan salah satu instrumen yang penting. Manfaat screenshot yaitu memudahkan Anda dalam menyimpan informasi penting yang diperoleh saat mengoperasikan laptop atau PC. 

Ada beberapa cara screenshot di windows 10 ataupun windows lainnya yang bisa Anda ikuti dengan mudah dan cepat. Berikut beberapa langkah yang patut Anda pelajari jika Anda belum tahu cara screenshot layar pada windows di laptop atau PC.

Cara Screenshot Komputer

Melakukan screenshot komputer nyatanya berbeda dengan screenshot di smartphone yang terkesan lebih praktis, seperti hanya hanya menggesek layar dengan tiga jari saja. 

Umumnya ada banyak orang mengetahui cara screenshot di PC atau laptop dengan memakai tombol PrintScreen di keyboard. Ada juga yang menggunakan beberapa aplikasi. Berikut beberapa cara screenshot yang bisa Anda lakukan:

1.Menggunakan tombol PrintScreen.

Tombol PrintScreen pada keyboard memang berfungsi untuk screenshot. Meski caranya mudah, Anda tidak bisa mengambil screenshot sesuai ukuran layar yang diinginkan karena menangkap layar dengan tombol PrintScreen hanya memakan satu layar penuh. 

Tombol ini secara otomatis menyimpan gambar di slot copy di laptop Anda, untuk melakukannya Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Paint
  • Tekan tombol Ctrl + V untuk menampilkan hasil screenshot
  • Klik gambar disket pada sisi kiri lalu pilih Save As
  • Simpan screenshot dengan format yang diinginkan.

2. Menggunakan Snipping Tool

Cara screenshot komputer selanjutnya yaitu dengan Snipping Tool. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu membukanya dengan memanggil melalui Cortana (Windows 10 dan Windows 11) atau klik Start dan ketik ‘snipping tool’. 

Jika sudah aplikasi terbuka, pilih new dan langsung klik area screenshot yang dimaksud. Setelah itu, Anda bisa langsung menyimpannya atau mengambil screenshot kembali jika kurang puas. 

Fitur Snipping Tools ini pertama kali diperkenalkan di Windows Vista dan merupakan cara termudah untuk mengakses laptop dan komputer.

3. Menggunakan Windows Key + PrtSc

Anda juga bisa melakukan fungsi kombinasi shortcut Windows + PrtSc untuk menghasilkan screenshot. Pengguna juga dapat menggabungkan tombol lain seperti Fn+Windows+PrtSc. 

Nantinya hasil capture tersebut akan otomatis tersimpan pada folder Gambar dengan nama sub folder Screenshot.

4. Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Cara screenshot komputer juga bisa memakai tombol windows + Shift + S. Kombinasi tombol ini akan dapat merubah layar menjadi abu-abu dan kursor menjadi ikon plus (+). 

Tandanya Anda bisa mengambil screenshot tertentu hanya dengan klik dan drag saja. Setelah itu beralih ke aplikasi Paint untuk melihat hasil capture dan menyimpan gambar yang diinginkan.

5. Menggunakan Tombol Windows + Volume Down

Kombinasi ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna Windows Surface. Cara mengambil screenshot di perangkat ini sangat mudah, karena Anda hanya perlu menekan tombol Windows bersamaan dengan tombol Volume Turun. 

Untuk mencari gambar yang sudah di screenshot, kita bisa menemukannya pada folder screenshot, dimana gambar tersebut akan tersimpan secara otomatis.

6. Menggunakan Tools Pihak Ketiga

Beberapa tools yang direkomendasikan yaitu mencakup Screen Rec, Lightshot, Greenshot, dan ShareX. Selain keempat tools tersebut, tentunya masih banyak lagi aplikasi screenshot yang bisa Anda temukan. Pastikan saja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah penjelasan mengenai cara screenshot komputer yang mungkin belum diketahui oleh sebagian pengguna laptop atau PC. Semoga dengan langkah-langkah ini dapat memudahkan Anda dalam menyimpan beberapa data penting.

Tags

Related Post