Font Colour

Manfaat Font Colour pada Word dan Cara Menggunakannya

Pengguna Microsoft Word pasti tidak asing dengan istilah Font Colour. Ada banyak manfaat Font Colour bagi para pengguna Microsoft Word. Bagi yang pertama kali menggunakan Microsoft Word cara menggunakan fitur ini pun cukup mudah. Penasaran langkah-langkah menggunakannya? Mari simak lebih lanjut detail mengenai Font Colour di bawah ini!

Mengenal Font Colour dan Manfaatnya

Pertama di sini akan mengenal lebih dahulu mengenai apa itu Font Colour? Jadi Font Colour merupakan fitur yang ada pada Microsoft Word. Fitur ini terletak pada bagian Menu Home yang ada di sebelah Menu File. Biasanya ia ditandai dengan icon gambar huruf A dengan warna merah (atau warna lain), yang terletak di bagian bawah huruf tersebut.

Manfaat Font Colour sebenarnya untuk mengubah warna pada teks Word yang dikerjakan. Bagi pengguna yang ingin menandai kata atau kalimat tertentu pada teksnya dapat menggunakan fitur Font Colour ini. Selain itu pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Font Colour beserta Font Size untuk menonjolkan bagian tertentu pada teks, seperti judul maupun sub bab.

Cara Menggunakan Font Colour

Bagi pengguna baru Microsoft Word, cara menggunakan Font Colour sebenarnya cukup mudah. Penasaran prosesnya? Mari bedah tuntas langkah-langkah perubahan warna teks di bawah ini!

1. Buka Microsoft Word

Pertama pengguna harus lebih dahulu memiliki aplikasi Microsoft Word. Aplikasi Microsoft Word sendiri merupakan satu kesatuan dengan aplikasi Microsoft Office yang dapat diunduh di halaman resmi Microsoft. Umumnya lisensi asli dari aplikasi ini mewajibkan penggunanya melakukan pembayaran untuk dapat membuka versi lengkap dari aplikasi tersebut.

Jika telah melakukan instalasi Microsoft Word, lalu double klik dan masuk halaman new document untuk mengetik teks. Pada halaman utama tersebut terdapat lembar kerja yang berwarna putih serta menu di bagian atas halaman. Mulai dari Menu File hingga Menu View terdapat di bagian Menu Bar tersebut. Untuk fitur Font Colour letaknya ada di bagian Home.

2. Pilih Teks yang Akan Diubah

Selanjutnya pengguna dapat mulai mengetik teks yang diinginkan. Jika selesai mengetik dan ingin melakukan perubahan warna, caranya cukup mudah. Pengguna harus lebih dahulu melakukan blok tulisan atau kalimat yang ingin diubah warnanya.

Untuk melakukan blok kalimat ini dapat menggunakan cara manual, yaitu dengan memilih teks yang akan diblok dengan menekan tahan kursor bagian kiri. Selain itu dapat juga menggunakan shortcut. Tekan bersamaan Ctrl dan Shift lalu tambahkan dengan tekan anak panah mengikuti kata yang akan diblok. Lakukan hingga kalimat selesai diblok.

3. Klik Font Colour

Jika semua kata yang ingin diubah warnanya telah berhasil diblok, selanjutnya pilih fitur Font Colour yang ada di Menu Home. Letak fitur ini tepat di samping fitur Text Highlight Colour. Warna default dari fitur tersebut adalah warna merah.

Untuk mengubah warnanya cukup tekan icon tanda panah bawah yang letaknya adalah di sebelah kanan dari fitur Font Colour. Di sana ada pilihan berbagai warna yang dapat dipilih pengguna. Jika warna yang ada pada panel dirasa kurang lengkap atau tidak sesuai, pengguna dapat memilih More Colors untuk melihat warna-warna lainnya yang tersedia.

Itulah manfaat Font Colour di Microsoft Word dan langkah-langkah menggunakannya. Pengguna dapat mengkreasikan warna huruf pada teks miliknya sesuai keinginan dengan menggunakan fitur tersebut. Selain itu menandai teks juga jadi lebih mudah dengan adanya Font Colour.

Check Also

bot kimia telegram

Bot Kimia Telegram, Pelajar Wajib Tahu!

Hampir semua pelajar mengandalkan smartphone untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Tidak heran, jika banyak aplikasi …