fungsi font size

Manfaat Font Size pada Microsoft Word

Menu Font Size pada aplikasi seperti Microsoft Word mempunyai fungsi yang vital untuk pengaturan huruf yang ditampilkan. Khususnya untuk mengatur ukuran. Namun demikian, meski vital, ternyata masih banyak yang belum memahaminya dengan baik. Padahal, manfaat Font Size ini sangat banyak. Untuk itulah, agar lebih paham, maka di sini akan diberikan pembahasan mengenainya, sebagai berikut:

Mengenal Font Size Beserta Fungsinya

Pengertian dari font size ini sendiri yaitu salah satu ikon penting yang terdapat di menu bagian Home pada Microsoft Word. Lalu, Font Size ini dipakai untuk mengatur ukuran saat pengguna ingin mengetik tulisan di lembar Microsoft Word.

Umumnya, besaran size yaitu 8, 9, 10, 11, 12, 14, 16, 18, 20, 22, 24, 26, 28, 36, 48, 72. Namun, jika pengguna ingin mengubah ukuran selain yang sudah disebutkan, maka bisa langsung memasukkan angka di kolom Size. Lebih Lanjut Font Size ini juga memiliki dua ikon yang punya fungsinya masing-masing, yakni:

1. Increase

Untuk ikon yang pertama, yaitu Increase Font Size yang mempunyai fungsi untuk memperbesar ukuran pada tulisan secara otomatis. Ikon Increase Font Size ini mempunyai simbol bentuk huruf A kapital dengan dilengkapi tanda segitiga kecil yang mengarah ke atas, untuk membesarkan tulisan.

2. Decrease

Kemudian ikon yang kedua, yaitu Decrease Font Size yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui. Decrease Font Size memiliki manfaat untuk mengecilkan ukuran pada tulisan pengguna secara otomatis yang ada pada Microsoft Word. Ikon ini memiliki simbol yang berbentuk huruf A dengan disertai segitiga kecil yang mengarah ke bawah. Dengan mengklik ikon ini, maka ukuran tulisan yang sebelumnya misalnya 14 menjadi lebih kecil yaitu 12.

Manfaat Font Size dalam Tulisan

Setelah mengetahui tentang font size beserta fungsinya, para pengguna juga perlu mengetahui tentang manfaat yang didapatkan setelah menggunakannya. Dari banyaknya manfaat, maka yang paling umum adalah:

1. Membuat Informasi Tulisan Menjadi Lebih Jelas

Menggunakan Font Size pada tulisan itu memang sangatlah menguntungkan bagi penulis yang ingin menyampaikan pesan atau informasi kepada pembacanya. Hal itu, karena akan menambah penegasan informasi pada tulisan menjadi lebih jelas. Lalu, informasi yang akan disampaikan melalui tulisan tersebut pun bisa akan lebih mudah dipahami oleh pembacanya.

2. Membedakan Antara Jenis Tulisan

Manfaat Font Size yang satu ini memanglah sangat benar adanya bagi para pengguna Microsoft Word. Hal itu karena dengan menggunakan Font Size, maka orang yang membaca tulisan tersebut akan bisa membedakan jenis tulisan tersebut. Pembaca juga akan lebih mengetahui tujuan dari tulisan tersebut berdasarkan perbedaan jenis ukurannya.

3. Menambah Variasi Pada Tulisan

Saat pengguna bisa mengubah ukuran tulisan pada Microsoft Word, maka itu akan lebih mempercantik tulisan itu sendiri. Selain itu, orang yang membaca tulisan tersebut pun tidak akan mudah bosan. Hal itu karena terdapat variasi jenis ukuran pada tulisan yang membuatnya lebih menarik untuk dibaca.

4. Menciptakan Karakteristik pada Tulisan

Orang yang membuat tulisan juga sangat membutuhkan Font Size ini untuk membuat karakteristik dalam tulisannya. Hal ini agar para pembacanya mengetahui jika tulisan tersebut menjadi ciri khas tersendiri bagi penulisnya. Selain itu, dengan adanya karakteristik pada tulisan itulah, maka tulisan akan memiliki harmoni dan kepribadian yang berbeda dari tulisan lainnya.

Itulah penjelasan mengenai manfaat Font Size beserta penjelasan lainnya yang perlu diketahui. Jadi sekarang sudah paham bukan mengenai urgensi dari ikon pada Microsoft Word yang satu ini? Namun ingat, hal terpenting yang menjadi tujuan pengaturan ukuran adalah untuk memperjelas informasi. Jadi pastikan mempertimbangkannya selain soal pengefisienan media!

Check Also

bot kimia telegram

Bot Kimia Telegram, Pelajar Wajib Tahu!

Hampir semua pelajar mengandalkan smartphone untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Tidak heran, jika banyak aplikasi …