Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

5 Perbedaan TikTok dan TikTok Lite Paling Mendasar

Memainkan TikTok di waktu senggang barangkali sudah menjadi kebiasaan yang digemari. Lantaran, aplikasi ini menyediakan banyak hiburan penghilang penat yang kekinian. Terlebih selain ada versi aplikasi reguler, kini juga tersedia TikTok Lite yang lebih efisien.

5 Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

Ingin tahu lebih jelas, apa saja perbedaan TikTok dan Tiktok Lite tersebut? Berikut uraiannya:

1. Keperluan Data

Aspek pertama yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam mengamati perbedaan TikTok dan TikTok Lite adalah kebutuhan data saat mendownloadnya. Sebagai sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga, yang bukan merupakan fitur bawaan, tentunya kebutuhan data pengunduhan sangat penting untuk dicermati. Karena ini secara langsung berkaitan dengan kebutuhan internet seorang pengguna.

Terkait hal ini, TikTok Lite memiliki keunggulan karena terasa lebih efisien. Lantaran keperluan data untuk download aplikasinya sendiri yang hanya sekira 21 MB, yang memungkinkan proses pengunduhan dan penginstalan dalam waktu cepat. Ini berbeda dengan TikTok Reguler yang butuh 75 MB, sehingga pengunduhan dan instalasi aplikasinya pun terasa lebih lama.

2. Kebutuhan Penyimpanan Perangkat

Setelah dilakukan pengunduhan, maka pengguna otomatis akan memakai aplikasinya. Dalam pemakaian tersebut, umumnya akan memakan banyak penyimpanan perangkat. Terlebih jika intensitas pemakaian sering yang sifatnya untuk menemani aktivitas harian, seperti TikTok ini. Dari sini, ternyata baik versi TikTok Reguler maupun TikTok Lite punya perbedaan spesifikasi penyimpanan yang cukup terasa mencolok.

TikTok Lite yang di efisiensi mempunyai penyimpanan ramping yang hanya perlu sekira 182 MB. Cukup terasa kontras dengan TikToK versi reguler yang kebutuhan penyimpanan datanya hingga 500 MB. Kenyataan ini tentunya lebih menguntungkan bagi pengguna TikTok Lite. Lantaran rampingnya penyimpanan data memungkinkan lebih banyak perangkat kompatibel, bahkan yang berspesifikasi rendah sekalipun.

3. Tampilan Aplikasi

Berikutnya yang ketiga, seorang pengguna TikTok juga dapat mengamati perbedaan yang cukup kentara dari segi tampilan kedua aplikasi. Apabila pada TikTok Reguler, maka pengguna dapat melihat adanya ikon perpesanan yang menyerupai bentuk amplop. Ini jelas tidak sama dengan TikTok versi Lite yang logo untuk perpesanannya berbentuk seperti listrik atau petir.

4. Durasi Rekaman Video

Keseruan saat memainkan TikTok salah satunya ditentukan oleh lamanya durasi dalam perekaman aneka video. Semakin lama durasi yang diberikan, tentu membuat pengguna lebih leluasa untuk memasukan aneka ide dalam kontennya. Demikian pula, jika semakin pendek durasi, maka semakin menuntut pengguna berpikir keras. Khususnya, untuk membuat konten bagus meski dengan segala keterbatasan.

Menyoal ini, memang TikTok Reguler lebih diuntungkan. Tidak lain karena, di dalamnya pengguna bisa membuat kreasi video yang lebih fleksibel dengan durasi hingga 3 menitan. Tentunya, itu memungkinkan untuk memasukan aneka muatan dalam satu video. Berbeda dengan TikTok Lite yang hanya berdurasi maksimal 15 detik, yang menuntut kepadatan isinya!

5. Kelengkapan Fitur

Terakhir namun tidak boleh terlewat pada pembahasan adalah menyoal tentang kelengkapan fitur yang dimiliki. Meski keduanya sama-sama menarik, ternyata soal fitur sengaja dibedakan. Hal tersebut barangkali sebagai akibat pengefisienan yang dilakukan developer pada TikTok Lite. Seperti umumnya versi ekonomis, yang mana kerap dilakukan pemangkasan pada sejumlah kemampuan dari versi regulernya.

Hal ini jika dilihat lebih jauh, maka ada sejumlah fitur yang ada pada TikTok Reguler, namun sengaja dihapus pada versi TikTok Lite. Beberapa fitur tersebut antara lain adalah Wallet, fitur Block List, LivePhoto, hingga Digital Wellbeing. Ketiadaan fitur ini memang terasa sangat disayangkan, lantaran keberadaannya sangat urgent dan kerap dimanfaatkan!

Demikianlah tadi, sejumlah ulasan menarik yang dapat disajikan terkait perbedaan TikTok dan TikTok Lite paling mendasar. Darinya, dapat diketahui bahwasanya untuk urusan penghematan kuota data, maka TikTok Lite dapat dijadikan rujukan. Namun, bagi yang ingin menikmati layanan yang lebih lengkap, maka memakai TikTok reguler sangat direkomendasikan! Jadi, lebih pilih mana?

Check Also

bot kimia telegram

Bot Kimia Telegram, Pelajar Wajib Tahu!

Hampir semua pelajar mengandalkan smartphone untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Tidak heran, jika banyak aplikasi …