Pusing Layar Laptop Bergaris? Atasi Pakai Cara Ini!

Aurora

layar laptop bergaris.

Laptop merupakan gadget yang wajib dimiliki baik dalam dunia kerja maupun pendidikan. Karena laptop merupakan barang elektronik, pastinya pemakaian yang tidak benar atau jangka panjang bisa menyebabkan beberapa fungsi berkurang, seperti layar laptop bergaris.

Layar laptop bergaris sukses membuat pusing para penggunanya. Tidak tanggung-tanggung, layar bergaris bisa saja membuatnya mati. Karena umumnya berkaitan dengan LCD. Berikut ini beberapa hal berkaitan dengan layar laptop yang bergaris.

Penyebab Laptop Bergaris

Laptop bergaris bisa disebabkan banyak hal, bukan hanya peletakan atau perawatan laptop yang keliru. Bisa juga karena bawaan dari pabrik . berikut ini beberapa penyebab layar laptop timbul garis-garis.

1. Pemasangan Layar yang Tidak Benar

Saat memasang layar, sebaiknya harus presisi. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya layar error dikemudian hari. Apabila pada saat penggunaan laptop mengalami masalah bukan dikarenakan kesalahan pengguna, umumnya pengguna bisa mengklaim garansi produk.

2. Ada kerusakan pada komponen LCD

Pemasangan LCD yang tidak tepat atau kurang teliti, bisa menjadi penyebab rusaknya layar laptop. Hal tersebut dikarenakan bahan pembuat monitor laptop yang diapit dengan filter berpolaris dan sebuah elektroda. Sehingga jika ada kesalahan, langsung mengenai layar.

3. Kabel Fleksibel Error

Penghubung layar laptop dan komponen motherboard disebut dengan kabel fleksibel. Kabel ini juga memberikan andil terhadap tampilan monitor. Layar yang bergaris bisa saja disebabkan karena adanya kerusakan pada kabel yang terletak pada bagian engsel ini.

4. Perawatan Laptop Kurang Benar

Kerusakan layar laptop bergaris bisa disebabkan oleh adanya benturan benda keras, bisa juga karena posisi peletakan yang salah. Sehingga laptop tertindih yang langsung berdampak pada bagian monitor. Tentu saja hal tersebut harus diatasi dengan penggantian layar.

Laptop yang diposisikan terbaik juga bisa menyebabkan kerusakan pada layar. Hal tersebut dikarenakan beban berat akan bertumpu langsung pada bagian layar. Hal tersebut tentu saja, membuat LCD atau layar akan mengalami kerusakan.

Cara Atasi Layar Laptop yang Bergaris

Berbagai jenis masalah yang menyebabkan layar laptop bergaris harus segera diatasi. Berikut ini merupakan cara memperbaikinya yang bisa dicoba.

1. Mencoba Memulai Ulang Laptop

Tidak jarang layar yang bergaris baik putih maupun warna warni dikarenakan ada kerusakan pada sistem yang berjalan. Sistem yang bermasalah bisa saja membuat program tidak beraturan yang menyebabkan layar yang bergaris baik di pinggir maupun di tengah.

2. Cek Bagian RAM dan VGA Laptop

RAM dan VGA merupakan dua aspek penting yang berkaitan dengan layar pada laptop. Karena jika kotor atau rusak maka bisa menimbulkan garis baik warna putih maupun warna hijau. Berikut cara memeriksa bagian RAM dan VGA laptop.

  • Lepaskan terlebih dahulu casing laptop
  • Siapkan penghapus dengan berbahan dasar karet untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel. 
  • Kemudian untuk bagian VGA bagian yang dibersihkan adalah pada pin-pinnya.
  • Jika sudah, maka layar bisa dihidupkan untuk memeriksa kondisinya.

3. Memakai Pixel Repairer

Pixel Repairer ini bisa digunakan untuk memeriksa pixel yang ada pada windows. Selain itu, software ini bisa digunakan untuk memperbaiki layar laptop yang bergaris. Jika bisa mengaplikasikannya tentu bisa menghemat biaya memperbaiki yang umumnya mahal.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga laptop tetap baik dan aman dalam penggunaannya. Sehingga layar laptop bergaris tidak terjadi dan laptop bisa digunakan dengan normal. 

Tags

Related Post