Warna Gelang Resistor 470 Ohm, Pilihan Dan Makna Kode Warna

Sharon

Warna Gelang Resistor 470 Ohm, Pilihan Dan Makna Kode Warna

Teknosional.com – Dalam dunia elektronika, resistor merupakan komponen yang sangat penting untuk mengatur arus listrik dalam rangkaian.

Salah satu jenis resistor yang umum digunakan adalah resistor dengan nilai 470 Ohm. Resistor ini memiliki kode warna tertentu untuk menunjukkan nilai resistansinya.

 

Memahami kode warna resistor sangat penting untuk memastikan pemilihan resistor yang sesuai untuk kebutuhan rangkaian.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang warna gelang resistor 470 Ohm, pilihan kode warna yang tersedia, dan makna di balik setiap warna. Silakan lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang topik menarik ini.

Kode Warna Gelang Resistor

Dengan gelang warna, resistor dapat diidentifikasi nilai resistansinya dengan mudah. Gelang pertama mewakili angka pertama nilai resistansi, gelang kedua mewakili angka kedua, dan gelang pengali mewakili pangkat 10.

Sebagai contoh, resistor dengan gelang berwarna hitam-coklat-merah memiliki nilai resistansi 102 ohm (1 x 10^2). Umumnya, resistor memiliki 4 gelang warna, di mana gelang keempat menunjukkan toleransi nilai resistansi.

Jika tidak ada gelang keempat, toleransinya dianggap 20%. Memahami kode warna gelang ini sangat penting bagi teknisi elektronik dan pembuat perangkat elektronik.

Terimakasih Sudah Berkunjung ke Teknosional.com

Menentukan Nilai Resistor Menggunakan Kode Warna

Untuk menentukan nilai resistor menggunakan kode warna, amati gelang warna pada resistor. Gelang pertama menunjukkan angka pertama, gelang kedua angka kedua, gelang ketiga menunjukkan pengali (jumlah nol yang ditambahkan), dan gelang keempat (jika ada) menunjukkan toleransi (penyimpangan nilai dari nilai nominal).

Pilihan Warna Gelang Resistor 470 Ohm

Warna Gelang Resistor 470 Ohm: Gelang resistor 470 ohm memiliki empat cincin warna: Kuning, Ungu, Cokelat, dan Emas. Cincin kuning mewakili nilai 4, ungu nilai 7, coklat nilai 1, dan emas nilai toleransi 5%. Jadi, resistansi total resistor 470 ohm adalah 47 x 10^1 ohm, dengan toleransi 5%.

Makna Kode Warna untuk Resistor 470 Ohm

Tabel Kode Warna Resistor

Resistor 470 Ohm ditandai dengan tiga gelang warna: coklat (1), ungu (7), dan kuning (pengali 10³). Artinya resistor ini memiliki nilai resistansi 17 x 10³ = 17.000 Ohm atau 17 kOhm.

Tabel berikut merangkum kode warna untuk resistor:

Gelang
Warna
Nilai
Pengali
Gelang 1
Hitam
0
1
Coklat
1
10
Merah
2
100
Oranye
3
1.000
Kuning
4
10.000
Hijau
5
100.000
Biru
6
1.000.000
Ungu
7
10.000.000
Abu-abu
8
100.000.000
Putih
9
1.000.000.000
Gelang 2
Emas
Toleransi 5%
Perak
Toleransi 10%
Gelang 3
Tidak ada
Tidak ada

Contoh Penggunaan Resistor 470 Ohm

Resistor 470 ohm banyak digunakan pada berbagai rangkaian elektronik. Misalnya, sebagai resistor penguat pada LED, membatasi arus pada rangkaian transistor, atau mengatur tegangan pada rangkaian pembagi tegangan. Warna gelang pada resistor ini adalah kuning, ungu, dan coklat, yang menunjukkan nilai resistansi 470 ohm dengan toleransi 5%.

Tips Tambahan untuk Membaca Kode Warna Resistor

untuk memudahkan membaca kode warna resistor, simak tips berikut:

  1. Identifikasi cincin dari ujung yang tidak memiliki toleransi atau pita emas.
  2. Baca warna cincin pertama sebagai angka puluhan.
  3. Baca warna cincin kedua sebagai angka satuan.
  4. Kalikan angka tersebut dengan nilai pengganda dari warna cincin ketiga.
  5. Periksa warna cincin terakhir untuk toleransi, yang menunjukkan persentase penyimpangan dari nilai yang ditentukan.

Demikianlah akhir dari artikel mengenai warna gelang resistor 470 Ohm. Semoga informasi yang telah kamu baca bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu yang juga membutuhkan. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel yang lain!

Tags

Related Post