penyebab ac bocor keluar air pada bagian indoor nya

Kenali Penyebab AC Bocor Keluar Air Pada Bagian Indoor-nya dan Cara Mengatasinya

Sebagai penduduk yang tinggal di daerah tropis, AC atau air conditioner merupakan satu-satunya cara mendinginkan badan dari panas. Tetapi, yang namanya mesin tidak akan selamanya berjalan dengan lancar. Salah satu masalah yang sering menimpa AC yaitu bocor. Banyak hal yang menjadi penyebab AC bocor keluar air pada bagian indoor nya.

Pada mesin AC, terdapat banyak komponen yang bersatu padu agar AC dapat memberikan efek sejuk. Karena itu, jika salah satu bagian dari AC rusak, otomatis kerja AC akan terganggu.  Salah satu hal yang terjadi apalagi AC mengalami kerusakan atau gangguan adalah keluarnya air  pada bagian dalam AC.

Hal-Hal Yang Dapat Menyebabkan Bagian Indoor AC Bocor

Dikarenakan mesin AC yang kompleks, ada banyak hal yang menjadi penyebab AC bocor keluar air pada bagian indoor nya. Mulai dari salah satu komponen yang rusak, bagian tertentu yang mengalami penyumbatan, hingga penggunaan AC berlebihan. Berikut merupakan apa saja penyebab AC bocor, disertai dengan penjelasannya:

1. Filter AC Yang Tersumbat

Filter AC memiliki peran penting pada AC, yaitu sebagai filter dari kotoran yang ikut saat udara panas masuk ke AC. Penumpukan debu dan benda asing pada filter ini, akan menyebabkan koil evaporator menjadi terhambat sehingga penyerapan udara panas tidak optimal.

Jika koil evaporator tidak dapat menyerap udara panas, evaporator akan membeku. Pada saat AC dimatikan, es pada koil evaporator akan mencari sehingga AC mengalami kebocoran. Karena itu, pastikan agar filter AC sering dibersihkan dari debu dan kotoran yang sudah menumpuk, sehingga tidak bocor.

2. Koil Pendingin Yang Bocor

Seperti yang dijelaskan diatas, koil pendingin atau coil evaporator juga memiliki peran yang penting. Fungsi dari koil pendingin ini adalah untuk menyerap udara panas yang masuk, lalu mengubahnya menjadi udara sejuk. Sudah jelas, jika koil pendingin memiliki gangguan, rasa sejuk pada AC akan berkurang.

Tidak hanya mengurangi efek sejuk pada AC, evaporator yang rusak akan membeku dan mengeluarkan air saat sedang dimatikan. Hal inilah yang menyebabkan air tumpah dari AC secara berlebihan. Pada saat AC rusak, koil pendingin merupakan salah satu komponen yang perlu dicek terlebih dahulu.

3. Kompresor AC Yang Rusak

Air compressor atau kompresor merupakan alat yang berfungsi layaknya jantung dari AC. Tujuan utama kompresor ialah menyerap suhu udara dari dalam ruangan, dan mengeluarkannya di luar ruangan. Inilah yang menyebabkan mengapa kompresor merupakan komponen penting bagi AC pada umumnya.

Selain itu, kompresor pada AC juga dapat memompa cairan freon untuk disalurkan ke seluruh bagian AC. Karena itu, jika kompresor AC rusak, tidak hanya AC tidak dapat bekerja optimal, AC juga akan mengalami kebocoran.

4. Penumpukan Kotoran Pada Drain Pan AC

Saat melakukan proses cooling, cairan yang tercipta akan dialirkan ke luar melalui drain pan. Pada saat koil evaporator menarik suhu panas dalam ruangan, komponen itu juga menghasilkan cairan. Cairan ini yang nantinya akan menetes ke bawah drain pan, dan dikeluarkan dari AC melalui saluran pembuangan.

Apabila drain pan kotor dan tersumbat oleh debu atau jamur, maka cairan yang dihasilkan oleh koil evaporator akan menumpuk. Cairan yang menumpuk pada akhirnya akan menetes dan jatuh dari bawah AC, sehingga menyebabkan kebocoran.

5. Kebocoran Pada Freon

Freon atau refrigerant, adalah senyawa kimia yang berfungsi sebagai fluida, untuk mengangkut beban dingin pada ruangan. Freon ini memiliki wujud gas yang tidak bau ataupun warna, dan tidak mudah terbakar. Karena itu, senyawa kimia ini digunakan sebagai pendingin untuk berbagai macam AC dan kulkas.

Jika freon habis karena mengalami kebocoran, senyawa kimia ini akan menyebabkan kebocoran pada AC, sehingga AC mengeluarkan udara hangat. Tidak hanya itu, kebocoran pada freon juga dapat berakibat fatal bagi siapapun yang menghirupnya dalam jumlah yang banyak.

6. Proses Instalasi AC Yang Tidak Sempurna

Dikarenakan AC memiliki komponen-komponen yang kompleks, maka proses instalasi pada AC harus sesuai dengan prosedur tanpa ada kesalahan. Mulai dari memasang unit AC, saluran pembuangan, hingga mesin untuk mengeluarkan suhu dalam ruangan.

Terkadang, sering terjadi kekeliruan dalam memasang kotak AC, seperti letaknya yang kurang sejajar. Apabila peletakan AC tidak sejajar, air yang seharusnya keluar melalui saluran malah dapat keluar dari bagian AC yang menurun.

7. Penggunaan AC Yang Terlalu Dingin

Pada umumnya, suhu udara yang dingin berkisar antara 20 hingga 23 derajat celcius. Tetapi, ada beberapa AC yang dapat menurunkan suhu hingga kurang dari 20. Semakin dingin suhu AC yang diterapkan, maka evaporator akan terus bekerja lebih keras.

Apabila AC terus dipaksa menurunkan suhu yang terlalu dingin, evaporator akan membeku dan mengalami kerusakan. Pada akhirnya, es yang membeku akan mencair dan bocor dari bagian bawah AC.

Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi AC Bocor

Setelah mengetahui penyebab AC bocor keluar air pada bagian indoor nya, AC yang bocor dapat diatasi dengan beberapa cara. Pembaca juga dapat mengurangi kemungkinan AC mengalami kebocoran dengan melakukan pembersihan sendiri secara rutin. Di bawah ini dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi AC yang bocor:

1. Melakukan Servis Pada AC Secara Rutin

Seperti hal nya pada mesin manapun, mesin pada AC akan membutuhkan servis secara rutin agar dapat tetap bekerja maksimal. Komponen-komponen penting seperti coil evaporator, kompresor, kondensor, dan drain pan perlu perawatan baik agar tidak mengalami kerusakan yang menyebabkan kebocoran.

Akan tetapi, servis pada AC ada lebih baiknya jika dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Karena itu, pembaca dapat menghubungi layanan servis AC yang terpercaya, agar proses servis AC aman dan sesuai dengan rencana.

2. Membersihkan Filter AC Sendiri

Untuk membersihkan filter AC dapat dilakukan sendiri di rumah. Setelah mematikan AC, buka bagian depan AC untuk melepaskan filter AC. Kemudian, bersihkan filter AC dengan vacuum cleaner atau lap lalu keringkan. Baru setelah itu, pasang kembali filter AC dengan benar. Pastikan filter AC terpasang dengan ketat sebelum menghidupkan AC.

3. Menggunakan AC Sewajarnya

Mesin yang terus dipaksa menyala setiap hari akan lebih cepat mengalami kerusakan atau aus. Karena itu, gunakan AC dengan bijak dan jika memang kondisi ruangan benar-benar panas dan lembab. Selain itu, pastikan untuk tidak menyalakan AC dengan suhu terlalu dingin, agar evaporator tidak membeku dan menyebabkan kebocoran pada AC.

4. Memastikan Proses Instalasi AC Benar

Ketika ingin memasang AC, pastikan untuk menggunakan layanan pasang AC yang berkualitas. Jika proses instalasi yang dilakukan sempurna, maka AC tidak akan mengalami gangguan dalam waktu yang cukup panjang. Ketika melakukan instalasi pada AC, pastikan juga agar kondisi mesin-mesin yang akan dipasang masih bagus.

Demikian penjelasan dan cara mengatasi hal-hal penyebab AC bocor keluar air pada bagian indoor nya. Disamping kegunaannya yang sangat penting di saat cuaca panas ini, AC memang membutuhkan perawatan lebih dalam setiap komponen di dalamnya. Namun, dengan perawatan yang lebih, AC akan terhindar dari masalah seperti kebocoran.

Check Also

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Paling Ampuh

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Paling Ampuh

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi – Semakin kesini, kapasitas memori internal yang disematkan pada HP …