Apakah Aplikasi Compass Penipuan

Apakah Aplikasi Compass Penipuan? Kepoin Dulu Reviewnya!

Setelah sebelumnya sempat viral karena dirilis menjadi salah satu aplikasi penghasil uang dengan jumlah banyak dan waktu yang singkat. Kini, aplikasi Compass kembali viral dan di kabarkan menjadi salah satu aplikasi bagian dari skema Ponzi alias modus penipuan. Apakah benar aplikasi Compass penipuan? Sebelum menyimpulkan, ada baiknya mengetahui beberapa review penggunaan platform tersebut.

Di sini akan saya jelaskan seperti apa aplikasi ini dan benarkan aplikasi ini melakukan penipuan atau scam? Ini adalah pengalaman saya ketika menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Penghasil Uang, Compass?

Compass merupakan salah satu aplikasi penghasil uang yang turut serta menjanjikan para penggunanya mendapatkan uang dengan cara yang mudah dan dapat dibilang instan. Aplikasi ini dirilis pada 7 januari 2021. Aplikasi ini merupakan hasil besutan dari orang asing di luar Indonesia.

Compass diluncurkan saat Pandemi Covid-19 menyerang Indonesia. Dimana pada saat itu, banyak peraturan-peraturan dari pemerintah yang mengharuskan setiap orang untuk terus berada di dalam rumah.

Inilah alasan mendesak banyaknya orang yang terkena dampak Covid-19 akhirnya tergiur untuk mendownload dan menjadi pengguna Compass tanpa berpikir panjang dan melakukan riset terlebih dulu.

Bagaimana Cara Mendownload Aplikasi Compass?

apakah aplikasi compass penipuan?

 

Download aplikasi Compass terbilang cukup mudah, namun aplikasi ini tidak bisa ditemukan di Google Play Store seperti aplikasi-aplikasi penghasil uang pada umumnya. Hal tersebut memunculkan adanya pertanyaan, apakah aplikasi compass penipuan?

Untuk dapat menginstall aplikasi Compass di smartphone kesayangan kamu, kamu harus megunjungi website resminya untuk mendapatkan link download aplikasi Compass terbaru. jika sudah berhasil mendownload, selanjutnya calon pengguna harus melakukan penginstalan aplikasi secara manual.

Penginstalan manual ini sendiri tidak terlalu ribet. Untuk lebih jelasnya, berikut tahapan-tahapan yang harus dilakukan calon pengguna baru untuk dapat menginstall aplikasi Compass di Handphone kamu.

  1. Buka menu pengaturan (setting) pada smartphone.
  2. Pilih fitur keamanan dan privasi (safety & privacy).
  3. Selanjutnya, izinkan instalasi dari aplikasi yang tidak dikenal dengan mengklik tombol “ON” pada bagian Unknown Source(sumber yang tidak dikenal).
  4. Berikutnya, pergi ke menu penyimpanan file (file manager). Lalu cari file yang telah di download untuk menginstall aplikasi.
  5. Jika sudah, buka dan klik install.
  6. Tunggu hingga waktu penginstallan selesai.

Setelah melakukan penginstalan kamu bisa langsung menggunakan Compass dan menyelesaikan semua misi yang tersedia. Biasanya, setiap aplikasi selama setahun sekali akan mengalami pembaharuan fitur yang mengharuskan penggunanya untuk meng-update aplikasi.

Bagi kamu yang ingin meng-update aplikasi Compass, maka kamu harus kembali mengunjungi alamat website resmi Compass untuk mendapat link download terbaru.

Cara Mendapatkan Uang di Aplikasi Compass

apakah aplikasi compass penipuan?

Setelah berhasil mendownload dan menginstall aplikasi Compass, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu untuk membuat akun user untuk dapat mencairkan dana setelah mengumpulkan uang setelah selesai menyelesaikan misi. Berikut cara untuk mendaftarkan akun di aplikasi Compass:

  1. Buka aplikasi, pada halaman awal masukkan nomor Handphone
  2. Untuk kamu yang masih ragu bisa masukkan nomor HP cadangan
  3. Masukkan kata sandi yang diinginkan, dan ulangi untuk mengkonfirmasi
  4. Masukkan kode verifikasi
  5. Jika kamu memiliki kode undangan, masukkan kode undangan yang kamu miliki
  6. Selesai

Lalu bagaimana agar akun Compass yang telah dibuat bisa mendapat banyak uang? Untuk bisa mendapatkan imbalan dari aplikasi pengguna harus menyelesaikan misi dengan cara memberi ulasan pada beberapa produk di beberapa brand E-Commerce populer.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang 500rb Sehari

Cara Kerja Aplikasi Compass

Cara kerja aplikasi ini berbeda dengan platform penghasil uang lainnya seperti Blog atau Youtube. Aplikasi Compass lebih mirip dengan aplikasi Alimama dan JD Union. Dalam 1 hari pengguna baru harus menyelesaikan 18 misi.

Komisi yang diberikan untuk setiap misi adalah 0,6%. Setelah pengguna berhasil menyelesaikan misi, pengguna akan mendapat reward berupa komisi. Komisi nantinya dapat dicairkan dalam bentuk uang jika sudah mencapai target hingga Rp. 100.000,-.

Untuk cara pencairannya bisa ditransfer melalui nomor rekening yang telah kamu daftarkan sebelumnya. Namun, perlu diketahui bahwa, untuk pengguna baru statusnya terdaftar sebagai member gratis, sehingga hanya memiliki misi serta komisi dengan jumlah yang terbatas.

Untuk itu, pengguna harus menaikkan level untuk bisa mendapat misi dan komisi yang lebih besar.

Sayangnya, untuk dapat menaikkan level membership pengguna perlu menyetorkan sejumlah uang terdahulu.

Makin tinggi level yang diinginkan, maka akan semakin besar pula nominal uang yang harus disetorkan. Tentunya dengan janji akan mendapat misi dan komisi lebih banyak. Nominal terendah yang ditawarkan mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 10 juta.

Apakah Aplikasi Compass Penipuan?

Tentunya, sejauh ini pembaca sudah bisa menilai apakah aplikasi Compass penipuan atau bukan. Namun untuk lebih meyakinkan kejanggalan kamu, berikut beberapa kejanggalan-kejanggalan lain yang ada pada aplikasi Compass si penghasil uang dengan cepat dan mudah.

1. Terindeks Double Google

Domain terindeks double Google, maksudnya adalah domain terindikasi ada dua. Hal ini memungkinkan bahwa ada domain yang berfungsi sebagai user dan juga hacker. Hal ini tentunya tidak menjamin keamanan data para penggunanya.

2. Website Sederhana

Tampilan website yang sederhana, semakin profesional aplikasi maka semakin canggih fitur serta tampilan yang dimilikinya. Compass memiliki tampilan yang bisa dibilang kurang menarik, bahkan bisa dibilang biasa-biasa saja, bahkan tampak monoton.

3. Mendaftar Bisa dengan Nomor Palsu

Calon pengguna dapat mendaftar dengan nomor palsu. Keanehan lainnya dimana pengguna dapat mendafatr akun Compass dengan nomor-nomor palsu bahkan tidak aktif. Sementara aplikasi penghasil uang lainnya umumnya menggunakan nomor aktif untuk mengirimkan kode verifikasi melalui SMS.

4. Tidak Terdaftar di Google Play

Tidak terdapat di Google Play Store dan App Store. Aplikasi yang tidak terdaftar di kedua situs tersebut dapat dikatakan bukan aplikasi resmi. Karena pihak Developer tidak dikenal dan tidak jelas siapa yang bertanggung jawab jika terjadi kebocoran data.

5. Tarif Membership

Harus bayar untuk naik level membership. Kejanggalan yang lebih jelas dibandingkan yang lainnya adalah, dimana pengguna harus membayar terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan komisi dan misi yang lebih banyak.

6. Tidak Tercantum di OJK

Tidak terdaftar di OJK. Umumnya aplikasi penghasil uang legal harus terdafatar dalam situs otoritas jasa keuangan (OJK). Sedangkan apliaksi satu ini tidak terdaftar di OJK. Sehinggabisa dikatakan tidak dalam pengawasan OJK, dan tidak dijamin OJK perihal merugikan penggunanya.

Selain itu, hukum penggunaan aplikasi Compass ini dinilai haram. Ini disebabkan karena transaksi dan perputaran uang pada aplikasi yang tidak memenuhi syarat sahnya sebuah transaksi dalam hukum transaksi dan perdagangan islam.

OJK juga telah menetapkan aplikasi Compass adalah salah satu aplikasi dengan entitas yang ilegal. Hal ini dikarenakan adanya skema money game yang dianggap dapat merugikan para pengguna aplikasi tersebut.

Dari penjelasan diatas dapat diketahui penjelasan mengenai aplikasi Compass penipuan atau bukan. Hal tersebut sedang viral dan menjadi perbincangan di beberapa platform media sosial saat ini diharapkan para pencari uang online dan para pencari aplikasi penghasil uang online dapat lebih cermat dalam memilih dan menggunakan aplikasi.

 

Check Also

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagram di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone – Instagram merupakan platform berbagi foto dan video dalam …