Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi Tanpa Tombol Power

Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi Tanpa Tombol Power

Cara Keluar dari Fastboot Xiaomi Tanpa Tombol Power – Saat menghidupkan HP Xiaomi, tiba-tiba layar tidak menampilkan menu utama seperti biasanya, melainkan masuk ke Mode Fastboot. Pada kondisi seperti ini, pengguna awam mungkin menganggap HP sudah rusak. Nyatanya ini bukanlah indikasi HP Xaiomi rusak, melainkan kondisi yang normal. Bisa jadi Anda menekan kombinasi tombol tertentu saat menghidupkan HP dan masuk ke halaman fastboot tersebut.

Fastboot Mode ini sendiri merupakan salah satu program pada HP android yang biasanya digunakan oleh para teknisi. Untuk bisa keluar dari Fastboor Mode, pengguna hanya perlu menekan tombol Power selama beberapa detik. Bagaimana jadinya jika tombol Power tidak berfungsi saat ditekan? Berikut solusi untuk cara keluar dari Fastboot Xiaomi tanpa tombol Power yang bisa Anda gunakan.

Bagaimana Keluar dari Fastboot Xiaomi Tanpa Tombol Power

Seperti yang dijelaskan di atas, Fastboot Mode pada HP android khususnya Xiaomi merupakan tampilan normal. Halaman ini memiliki banyak fungsi vital, khususnya untuk mengatasi masalah error atau bug pada HP. Beberapa fungsi dari Fastboot Mode tersebut, di antaranya:

  1. Untuk melakukan Unlock Bootloader pada HP android.
  2. Untuk melakukan flash HP.
  3. Untuk melakukan tindakan troubleshoot pada HP android.
  4. Utnuk pemasangan Custom Recovery atau Custom Kernel.
  5. Dan lain sebagainya.

Untuk bisa masuk ke Fastboot Mode ini sendiri biasanya dengan menggunakan kombinasi tombol pada HP, misalnya saja tombol Power + Volume Bawah. Namun, ada kalanya HP tiba-tiba masuk ke Fastboot Mode, padahal kita tidak menekan kombinasi tombol tersebut.

Sementara untuk mengeluarkan HP dari Fastboot Mode sendiri lebih mudah dengan menekan tombol Power selama beberapa saat hingga HP restart dengan sendirinya. Namun, karena beberapa hal sehingga tombol Power di HP tidak berfungsi, baik karena error pada firmware atau fisik dari tombol Power itu sendiri.

Adapun cara keluar dari Fastboot Xiaomi tanpa tombol Power yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Pertama: Melepas Baterai HP Xiaomi

Cara yang paling mudah untuk bisa keluar dari Mode Fastboot Xiaomi yakni dengan melepas baterai HP. Cara ini tentunya hanya bisa dilakukan pada HP Xiaomi yang mendukung jenis baterai removable atau bisa dilepas.

Melepas baterai HP akan membuat HP mati karena kehilangan suplai daya. Saat HP sudah mati, selanjutnya Anda pasang kembali baterai dan nyalakan HP Xiaomi seperti biasa. Dengan demikian HP akan booting dan masuk ke layar menu utama.

Cara Kedua: Menggunakan Minimal ADB and Fastboot

Khusus untuk HP Xiaomi yang menggunakan baterai non-removable, cara ini bisa digunakan untuk keluar dari Fastboot Mode. Anda bisa menggunakan Minimal ADB and Fastboot di perangkat PC atau laptop dan menyambungkan HP dengan kabel data. Kemudian mengetik perintah khusus untuk keluar dari Fastboot Mode tersebut.

  1. Langkah pertama Anda download Minimal ADB and Fastboot dari internet dan simpan di PC atau laptop.
  2. Selain itu, Anda download dan install juga Android USB Driver di perangkat PC atau laptop agar dapat mendeteksi HP yang disambungkan nanti.
  3. Sekarang Anda buka folder Minimal ADB and Fastboot yang didownload tadi.
  4. Kemudian tekan dan tahan tombol Shift dan klik kanan pada mouse, selanjutnya Anda pilih Open Command Window Here. Akan muncul jendela Command Prompt.
  5. Sekarang Sambungkan HP Xiaomi yang berada di tampilan Fasrboot ke PC atau laptop menggunakan kabel data atau kabel USB.
  6. Selanjutnya Anda ketik perintah “fastboot reboot” (tanpa tanda petik dua) pada jendela Command Prompt tadi, lalu tekan Enter.
  7. Dengan demikian HP akan melakukan reboot dan masuk ke layar menu utama HP seperti biasa.

Itulah tadi cara keluar dari Fastboot Xiaomi tanpa tombol Power yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Check Also

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagram di iPhone

Cara Menghapus Data Akun Instagra di iPhone – Instagram merupakan platform berbagi foto dan video dalam …