Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Paling Ampuh

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Paling Ampuh

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi – Semakin kesini, kapasitas memori internal yang disematkan pada HP android semakin besar. Tidak heran karena kebutuhan ruang penyimpanan tersebut yang memang cukup banyak, khususnya untuk data sistem. Bahkan tidak jarang data sistem pada HP android menghabiskan lebih dari separuh dari total ruang penyimpanan internal yang disediakan.

Di HP Xiaomi misalnya, kebanyakan file yang berkapasitas besar dan menghabiskan banyak ruang penyimpanan ini termasuk ke dalam kategori file lainnya atau other file. File jenis ini umumnya tidak memiliki ekstensi umum sehingga dimasukkan ke dalamnya. Beberapa pengguna merasa file lainnya di Xiaomi hanya membuat memori penuh dan ingin menghapusnya. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu cara menghapus file lainnya di Xiaomi tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Sekilas Tentang File Lainnya di Xiaomi

Sebelum lanjut ke cara hapus Other File atau File Lainnya di HP Xiaomi, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang jenis file tersebut. Saat membuka File Manajer, terlihat file yang dikategorikan dalam beberapa jenis, mulai dari Gambar, Video, Audio, Dokumen dan juga File Lainnya.

File Lainnya atau Other File ini umumnya memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga menghabiskan banyak ruang di penyimpanan internal. File Lainnya ini sendiri terdiri dari file yang tidak memiliki ekstensi umum layaknya JPG, Mp4, Mp3 atau yang lainnya. Melainkan ini merupakan file sistem yang mencakup Cache, Thumbnail, hingga data aplikasi. Bagi Anda yang menginstall game di HP, file OBB dari game tersebut juga masukke dalam kategori File Lainnya.

Meskipun tidak memiliki ekstensi umum dan tidak bisa dipreview, bukan berarti file yang tersimpan sebagai File Lainnya ini tidak penting. Seperti file OBB game misalnya, jika dihapus tentunya game akan kembali ke mode default dan Anda perlu mendownload ulang datanya.

Bagi Anda yang merasa resah dengan File Lainnya yang berkapasitas besar di HP Xiaomi, boleh menghapusnya asalkan dengan melakukan filter. Jadi, Anda hanya menghapus file yang tidak penting saja seperti file duplikat, thumbnail, dan juga file cache.

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Paling Ampuh

Sementara untuk cara menghapus File Lainnya di Xiaomi, setidaknya ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

Cara 1. Menggunakan MIUI Security

  1. Langkah yang pertama Anda buka MIUI Security di perangkat HP Xiaomi.
  2. Aplikasi akan secara otomatis melakukan scanning dan tunggu sampai selesai. Selanjutnya Anda klik Optimize untuk mengoptimalkan perangkat.
  3. Jika sudah, selanjutnya Anda klik pada menu Deep Clean dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  4. Selanjutnya klik tombol Clean Now untuk menghapus cache atau file tersembunyi.
  5. Lihat juga pada bagian Big File, kemudian cari file dengan kapasitas besar yang ingin Anda hapus. Kemudian klik Delete Selected File. Pastikan Anda memilih file yang sekiranya tidak penting.

Cara 2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Seperti yang dijelaskan di atas, data aplikasi terinstall juga akan dikategorikan ke dalam jenis File Lainnya. Untuk itu, Anda perlu menghapus aplikasi yang memiliki data besar dan tidak dibutuhkan. Untuk caranya sendiri, yakni:

  1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi.
  2. Masuk ke opsi Aplikasi Terinstall.
  3. Cari dan klik pada aplikasi yang ingin dihapus.
  4. Kemudian klik Uninstall atau Copot Pemasangan.

Itu tadi cara menghapus File Lainnya di Xiaomi paling ampuh bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Check Also

Cara Membersihkan Casing HP Karet Bening yang Menguning

Cara Membersihkan Casing HP Karet Bening yang Menguning

Cara Membersihkan Casing HP Karet Bening yang Menguning – Sebagai pelindung tambahan pada perangkat smartphone, pengguna …