Harga Monitor Komputer 16 Inch

Ketahui Harga Monitor Komputer 16 Inch Beserta Jenisnya

Perangkat keras pada komputer yang banyak digunakan salah satunya adalah monitor. Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui fungsi ataupun harga monitor komputer 16 inch. Sekarang ini sudah banyak sekali jenis monitor yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan pekerjaan. Ada monitor yang harganya murah sampai mahal bisa didapatkan dengan mudah dengan membelinya pada toko khusus aksesoris laptop atau elektronik.

Biasanya monitor digunakan untuk apa? Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang bisa digunakan sebagai output data secara grafis. Monitor sendiri nantinya bisa digunakan sebagai output video dan penggunaannya tidak bisa dibuat terpisah dengan komputer. Layar monitor memiliki ukuran yang bermacam-macam, bahkan ada yang sampai menyerupai layar televisi. Anda bisa beli elektronik online untuk membeli monitor berbagai ukuran.

Mengenal Berbagai Jenis Monitor

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, monitor terdiri atas berbagai jenis dan ukuran. Agar Anda lebih mudah dalam menentukan pilihan, maka bisa menentukan monitor sesuai kebutuhan dan budget. Dengan begitu akan mencegah terjadinya pembengkakan biaya dan daya dukung komputer akan lebih mudah diperoleh.

1. CRT (Chatode Ray Tube)

Jenis monitor ini sering dinamakan monitor tabung. Mengapa demikian? Karena monitor satu ini memiliki media tabung sinar katoda. CRT bekerja dengan memancarkan sinar elektron pada sebuah titik kecil yang ada di layar. Monitor CRT memiliki konsep kerja yang bisa dikatakan hampir sama dengan televisi tabung, tetapi harganya lebih murah.

2. LED (Light Emitting Diode)

LED memiliki bentuk yang lebih slim daripada jenis monitor LCD. Layar monitor LED memiliki kelebihan dalam hal konsumsi daya listrik, oleh sebab itu harganya lumayan mahal dibandingkan dengan monitor lainnya.

3. Monitor Plasma

Sebelum mengetahui harga monitor komputer 16 inch, Anda perlu tahu bahwa ada jenis monitor plasma yang memiliki gas neon. Gas tersebut nantinya akan dialiri listrik kemudian bisa membentuk pixel. Monitor plasma memiliki kualitas gambar yang jauh lebih baik dibandingkan monitor lainnya. Mengapa demikian? Karena proses pengambilan gambarnya dilakukan langsung tanpa diuraikan.

4. LCD (Liquid Crystal Display)

Monitor LCD sudah tidak lagi menggunakan tabung hampa untuk bisa menampilkan gambar. Teknologi satu ini bekerja dengan memancarkan sinar Kristal cair kemudian dipancarkan secara elektrik untuk membentuk panel kecil yang datar. Monitor lcd memiliki tingkat resolusi yang lebih tinggi dengan ukuran yang lebih ramping.

Berapa Jenis Harga Monitor Komputer 16 Inch?

Berdasarkan harga pasaran, monitor memang berbeda dari segi harga karena dilihat dari jenis merk dan ukurannya. Semakin besar ukuran dan brand monitor, maka harganya akan semakin mahal. Untuk monitor komputer 16 inch biasanya dijual mulai dari harga Rp1.200.000,-sampai dengan Rp5000.000,-. Jadi Anda berminat untuk membeli berapa ukuran?

Check Also

rekomendasi webcam logitech

5 Rekomendasi Webcam Logitech Terbaik 2021

Keyboard adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah laptop maupun komputer, brand Logitech merupakan andalan …