Beli elektronik Online

Tips Beli elektronik Online Terpercaya

Kita ketahui kemajuan teknologi dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat bahkan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Mulai dari peralatan dapur, peralatan olahraga, bahkan perkembangan barang-barang elektronik. Salah satu benda yang paling dekat dengan manusia adalah gadget, saat ini gadget tidak hanya sebagai kebutuhan berkomunikasi melainkan mulai bergerak seperti dunia fashion yang terus upgrade dan canggih. Tak bisa dipungkiri, hampir seluruh masyarakat membutuhkan internet untuk mendapatkan berbagai macam informasi, komunikasi, juga membantu dalam bidang ekonomi. Internet juga bisa menjadi jembatan untuk bisa transaksi jual-beli barang secara online. Bahkan ada banyak e-commerce dan toko online yang bertebaran di internet, mulai dari website, sosmed, dan sebagainya. Saat ini masyarakat mulai akrab dengan jual-beli secara online, mulai dari kebutuhan sehari-hari, fashion, elektronik, dan sebagainya. Dengan adanya transaksi jual-beli online, Anda tidak perlu kepanasan ataupun  kehujanan di perjalanan, terjebak  macet, mengeluarkan biaya transportasi, dan masih banyak lagi.

Jika Anda mencari peralatan komputer, Anda bisa mudah mengetahui melalui detail produk, seperti warna, ukuran, fitur, bahkan pc termurah dengan membandingkan harga antar toko. Anda cukup duduk di rumah membeli barang yang Anda inginkan tanpa harus ada batasan waktu dan tempat. Meskipun memberikan keuntungan tersendiri, tapi berbelanja online juga rentan terkena penipuan, sehingga perlu berhati-hati juga saat berbelanja online terlebih belanja barang elektronik yang harganya tidak murah seperti harga pc all in one core i7.

Berikut ini tips beli elektronik online yang bisa Anda ikuti, simak penjelasan di bawah ini:

1. Melakukan riset toko online terlebih dahulu

Sama halnya dengan jual-beli secara offline, sebelum Anda memutuskan untuk membeli barang-barang elektronik yang Anda butuhkan, Anda perlu riset toko online terlebih dahulu. Silahkan kunjungi beberapa toko yang sudah terpercaya dalam menjual barang elektronik. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, maka Anda dapat membandingkan harga antar toko dengan barang yang sama saat beli elektronik online. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan kualitas barang yang Anda inginkan dari mensurvei toko-toko online barang elektronik. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dengan mencari di kolom pencarian situs toko online yang menjual barang elektronik, sekaligus harga pc Apple yang bagus dan terjangkau. Ada baiknya Anda memilih toko elektronik online resmi, serta harga barang elektronik seperti harga netbook hp, laptop, speaker, dan sebagainya.

2. Memperhatikan review dan komentar konsumen di toko tersebut

Tips selanjutnya, memperhatikan keseluruhan ulasan, baik komentar ataupun review dari pelanggan baik yang masih baru ataupun sudah lama. Jika hasil ulasannya positif, maka bisa dipastikan bahwa produk ataupun electronic online shop dapat dipercaya. Namun, jika ulasannya negatif maka Anda perlu menggantinya dengan pilihan lain yang jauh berkualitas dan baik dibanding Anda merasa dirugikan. Selain itu, Anda perlu memeriksa status toko online, karena tidak semua toko online yang statusnya hanya afiliasi, dimana ia tidak memiliki stok barang yang ditawarkannya dengan media sosial yang lain. Biasanya, ia juga bekerja sama dengan vendor lain yang jauh lebih besar darinya. Tidak menjadi masalah jika afiliasi bekerja sama dengan perusahaan elektronik yang lebih besar dan terpercaya. Maka, dipastikan toko online Anda terbilang kredibel dalam menjalankan jual-beli elektronik secara online.

3. Memperhatikan spesifikasi barang dengan jelas

Membeli barang elektronik secara online tidak hanya sekedar melihat dari review ataupun ulasan pelanggan, melainkan untuk memastikannya perlu memeriksa kondisi secara fisiknya. Sebagai gantinya, para penjual yang memberikan informasi yang jelas dan lengkap terhadap spesifikasi barang supaya pembeli mempunyai gambaran yang dijual termasuk komputer generasi sebagai barang elektronik dengan banyak perangkat yang bisa dijual satuan. Selain itu, beberapa perangkat komputer tersebut banyak dicari untuk mengganti perangkatnya yang rusak. Sehingga mereka perlu mengetahui pasaran harga barang yang dicari, misalnya harga monitor komputer 16 inch. Spesifikasi barang mencakupi nama barang sekaligus serinya, ukuran, fitur, dan harga barang tersebut.

4. Memilih toko elektronik online yang memberikan garansi

Masing-masing toko elektronik baik online maupun offline mempunyai peraturan yang dibuatnya sendiri dalam memberikan pelayanan terbaiknya untuk konsumen ataupun pelanggan. Anda harus jeli dalam memilih toko yang aman dan terpercaya. Jika Anda membeli barang elektronik seperti netbook lenovo, tidak hanya harga netbook lenovo yang menjadi pertimbangan Anda melainkan garansi yang diberikan untuk jaminan keamanan barang tersebut. Selain itu, pilih toko elektronik online yang menyediakan fitur gratis ongkir jika barang tidak sesuai dengan yang diharapkan bisa dikembalikan ke toko.

5. Pastikan barang yang dibeli adalah original

Tips selanjutnya, pastikan barang yang Anda beli adalah original sesuai dengan harga dan kualitasnya. Misal, ada yang menjual harga pc all in one core i5 dengan harga murah, namun ternyata barang tersebut tidak ori melainkan kw. Tentu, kualitasnya akan jauh berbeda dari kualitas orinya, juga barang yang tidak ori biasanya cepat rusak dan tidak ada garansi. Atau Anda ingin membeli CPU dengan penawaran harga CPU yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasarannya. Anda perlu memeriksa terlebih dahulu barang tersebut, agar tidak ada kerugian besar untuk Anda alami. Pasalnya, banyak sekali penjual online yang menjual barang kw atau tiruan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan merugikan pelanggannya. Sebelum membeli bernegosiasi terlebih dahulu dengan penjual, jika barang yang dikirim tidak ori untuk memberikan kebebasan pengembalian barang.

6. Pastikan Anda tidak memberikan data pribadi sembarangan

Tips membeli barang elektronik secara online selanjutnya yang lebih penting adalah jangan memasukkan data pribadi termasuk informasi kartu kredit yang Anda gunakan. Dengan memberikan detail informasi Anda bahkan kartu kredit pada sembarang orang akan membahayakan diri Anda dari penipuan. Sehingga Anda perlu membeli barang pada website ataupun toko online yang sudah dipercaya banyak orang. Hindari membeli barang elektronik pada toko yang masih Anda ragukan.

7. Mintalah tambahan layanan dalam keamanan packing

Tips terakhir untuk membeli barang elektronik secara online yang terpercaya dan aman adalah dengan meminta kepada pihak official storenya untuk memberikan layanan keamanan packing dengan layanan packing berlapis, supaya barang terlindungi dengan aman sampai ke tangan konsumen. Terutama untuk barang elektronik, seperti laptop, kamera, dan handphone. Karena, tidak semua penjual yang memberikan layanan packing yang berlapis, sehingga Anda perlu inisiatif sendiri untuk memintanya.

Demikianlah, informasi terkait tips beli elektronik online yang aman dan juga dapat dipercaya. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas kemungkinan besar akan menghindari Anda dari terjadinya tindak kejahatan

Check Also

rekomendasi kulkas samsung 2 pintu

7 Rekomendasi Kulkas Samsung 2 Pintu Berkualitas

Brand Samsung sudah tidak diragukan lagi untuk berbagai barang elektronik, seperti kulkas salah satunya. Selain …