Harga CPU

Yang Perlu Derhatikan Sebelum Memutuskan Membeli CPU

Seperti yang kita semua ketahui jika perkembangan teknologi komputer sekarang ini menjadi semakin pesat. Salah satu yang terus dikembangkan adalah perangkat CPU atau processor.

Sekarang ini produsen cpu dikuasai oleh dua kubu, yaitu intel dan AMD. Harga cpu dari kedua kubu pun mulai bersaing, keduanya berlomba lomba untuk menciptakan cpu dengan kualitas yang baik dengan harga yang mampu dijangkau pasar.

Apabila kamu ingin membeli cpu untuk komputer kamu, ada beberapa hal yang bisa kamu ikuti agar mendapatkan cpu yang sesuai dengan spesifikasi yang kamu inginkan.

Melakukan perbandingan antar cpu

Perbandingan antar cpu bisa kamu lakukan dengan menggunakan benchmark. Dengan benchmark, kamu akan tahu bagaimana performa dari cpu yang akan kamu beli tersebut.

Untuk menggunakan benchmark, kamu bisa mengunduhnya sendiri melalui internet, dan apabila kamu merasa kerepotan untuk melakukan perbandingan sendiri, kamu bisa mencari informasi melalui channel youtube yang membahas soal performa cpu.

Generasi cpu

Dari waktu ke waktu, pengembang terus menciptakan cpu baru demi menunjang kebutuhan performa yang banyak diinginkan konsumen. Selain itu, generasi terbaru suatu cpu tentu akan memiliki performa yang jauh melampaui generasi pendahulunya.

Selain performa, generasi cpu terbaru diciptakan oleh pengembang dengan  teknologi yang lebih hemat daya dibandingkan dengan cpu generasi lama.

Harga cpu

Ketika kamu ingin mendapatkan cpu dengan beli elektronik online, ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu harga cpu yang kamu inginkan. Hal ini juga akan mempengaruhi performa dari cpu tersebut.

Karena memang harga yang semakin mahal biasanya memiliki performa yang lebih baik daripada cpu dengan harga yang lebih murah. Namun cpu yang terbaik adalah cpu yang bisa kita dapatkan dengan budget yang kita miliki.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Yang dimaksud disini adalah kamu harus tahu komputermu digunakan untuk apa, apabila komputer tersebut hanya digunakan untuk mengetik, tidak perlu kamu membeli cpu yang dikhususkan untuk gaming atau editing.

Dengan menyesuaikan kebutuhan, akan sangat dapat menekan budget yang dikeluarkan, dan jika kita paham akan kebutuhan kita, budget yang kita miliki bisa diperuntukkan untuk hal membeli yang lainnya, seperti contohnya RAM, fan computer, bahkan VGA.

Jangan tergiur nama

Nah, biasanya orang akan terkecoh dengan nama cpu. Orang hanya akan melihat nama core depannya saja, contohnya core I5 dan core I7. Jika keduanya dikeluarkan pada generasi yang sama, tentu core I7 akan lebih baik daripada I5.

Namun hal tersebut akan berbeda ketika generasi core I5 lebih baru daripada I7, dengan harga cpu yang lebih terjangkau, core I5 generasi terbaru akan tetap lebih murah daripada I7 meski generasinya lebih lama.

Check Also

Harga Netbook HP

Harga Netbook HP Untuk Mahasiswa

Laptop adalah sebuah barang yang sangat dibutuhkan hampir semua mahasiswa. Terutama jika kamu adalah mahasiswa …