Komputer Generasi

Simak! Seperti Ini Perkembangan Komputer Generasi

Saat ini kita hidup di zaman yang bergantung pada teknologi elektronik seperti gadget dan komputer. Teknologi elektronik memberikan kemudahan bagi kita semua dengan contohnya dapat mempercepat pekerjaan kita. Namun tahukan anda bagaimana perkembangan komputer generasi? Mari kita simak penjelasan berikut ini!

Komputer Generasi Pertama

Pada mulanya, komputer merupakan julukan yang diberikan kepada seorang yang ahli dibidang aritmatika. Pada tahun 1897, istilah komputer dikatakan sebagai perangkat mesin yang digunakan sebagai alat hitung. Hal ini terus mengalami pergeseran hingga saat ini komputer dimaknai sebagai perangkat elektronik yang memiliki komponen-komponen didalamnya.

Komputer terus mengalami pembaharuan dari tahun ke tahun. Dahulu komputer benar-benar merupakan mesin penghitung dan fungsinyapun sangat sederhana yaitu sebagai alat bantu perhitungan matematika. Kemudian para pakar menemukan rumus dan pemrograman sehingga komputer menjadi perangkat seperti yang anda lihat saat ini. Saat ini sederhananya komputer merupakan sekumpulan dari alat elektronik yang saling bekerjasama dalam menerima, mengolah, dan menampilkan data untuk penggunanya.

Komputer Generasi Pertama Menggunakan

Sebelum kita dapat melihat komputer seperti saat ini, ternyata terdapat beberapa generasi komputer. Dikerjakan oleh John Presper Eckert dan Dr. John. W Mauchly, hingga saat ini terdapat lima generasi komputer. Berikut penjelasannya :

1. Generasi pertama (1940-1956)

Generasi pertama menggunakan komponen utama tabung vakum. Komputer ini memerlukan daya yang besar dan mesinnya sangat panas saat digunakan. Lalu ada banyak kekurangan yang komputer ini miliki seperti proses kurang cepat, penyimpanan kecil, membutuhkan hardware yang besar sehingga memakan tempat yang besar.

2. Generasi kedua (1956-1963)

Transistor menggantikan tabung vakum dan memulai komputer generasi kedua. Transistor memungkinkan komputer menjadi lebih kecil, cepat, hemat energi, dan murah dibandingkan sebelumnya.

3. Generasi ketiga (1964-1971)

Komputer ini merupakan komputer yang pertama kali menggunakan monitor dan keyboard. Komputer ini dilengkapi dengan integrated circuit (IC) menjadikan komputer ini memiliki kapasitas memori yang lebih besar, dapat mengeluarkan suara, performa lebih cepat, software meningkat.

4. Generasi keempat (1971-sekarang)

Mikroprosesor menjadi terobosan baru pada komputer generasi keempat yang menyatukan ribuan integrated circuit (IC) ke dalam satu keeping silicon. Pada generasi ini muncul pula laptop yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah.

5. Generasi kelima (sekarang-masa depan)

Komputer generasi kelima ditandai dengan munculnya large scale integration (LSI) yang merupakan pemadatan dari ribuan mikroprosesor kedalam satu mikroprosesor saja.

Penggunaan komputer dan cara mendapatkannya sudah sangat mudah. Anda bisa memilih komputer sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Anda juga tak harus dating ke toko untuk membelinya, cukup dengan beli elektronik online dan komputer akan datang ke rumah anda.

Check Also

rekomendasi webcam logitech

5 Rekomendasi Webcam Logitech Terbaik 2021

Keyboard adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah laptop maupun komputer, brand Logitech merupakan andalan …