Komputer Generasi 1

Komputer Generasi 1 Versus Komputer Generasi 5 Untuk Bisnis

Perkembangan komputer memang telah terjadi sejak tahun 1940, dimana pada saat itu muncul yang namanya komputer generasi awal atau pertama. Dimana pada saat itu kemunculan komputer tersebut di perkenalkan oleh  dua orang dari University of Pennsylvania bernama J. Presper Eckert dan John Mauchly.  Menariknya adalah mereka justru membuat konsep fisik komputer generasi awal dengan menggunakan tabung vakum yang pada saat itu di kenal dengan ENIAC.

Bukan sekadar tabung,  tetapi tabung komputer  yang dimaksud  memiliki spesifikasi 18.000 tabung vakum yang berukuran 1.800 kaki dengan bobot berat mencapai hingga 30 ton. Mungkin kita tidak membayangkan jika saat ini ketika kita bicara soal komputer terbaru,  justru fisiknya makin ramping tetapi memiliki kelebihan yang semakin canggih.

Masih Penasaran dengan  Ciri-Ciri Komputer Generasi 1, Inilah Spesifikasinya

Kembali ke soal ENIAC ( Electronik Numerical Integrator and Calculator), inilah sejarah terciptanya komputer awal yang memiliki ciri-ciri atau spesifikasi seperti penjelasan berikut:

  • Pada saat itu kmputer pertama hanya bisa di pakai untuk alat berhitung
  • Fisiknya secara jelas masih memakai vacuum tube seperti penjelasan diatas
  • Media penyimpan datanya masih berupa silinder magnetik
  • Pemrograman bahasanya masih memakai bahasa mesin dan karakter lainnya adalah
  • Komputer dulu masih membutuhkan listrik  yang besar untuk menjalankannya
  • Fungsi penyimpanan datanya masih relatif kecil.

Memang konsep komputer generasi 1 dengan generasi ke-5 berbeda. Karena pada generasi pertama bukan di peruntukan untuk mempermudah pekerjaan bisnis seperti saat ini. Tetapi justru di kembangkan dengan konsep desain pesawat dan peluru kendali. Itulah yang pada tahun 1940-1956 komputer generasi 1 di gagas  oleh ahli asal Jerman yang bernama Konrad Zuse.

Komputer Generasi 5, Komputer Terkini dengan Perangkat  ULSI sebagai Mikroprosesornya

Perkembangan teknologi yang di akibatkan dari adanya kebutuhan dan penyesuaian kepentingan manusia dalam menggunakan sebuah perangkat. Itulah salah satu dasar yang pada akhirnya mengubah konsep perakitan komputer dari  generasi awal hingga masuk ke generasi ke-5 saat ini.   Dimana untuk spesifikasi fisik dan instrumen yang ada di dalamnya jelas ke dua komputer yang beda generasi ini berbeda.

Jika di era tahun 1940-1956 konsep komputer menggunakan seperangkat yang terbilang besar.  Berbeda dengan apa yang di ciptakan dalam komputer generasi 5.  Terlahir pada tahun 1980 hingga saat  ini, kita bisa lihat bahwa komputer  generasi ke-5 sudah memanfaatkan dua hal yang menjadi inti dari instrumen komputer yaitu Parallel Processing dan Artificial Intelligence. Sehingga fisik dari komputer sekarang tidak harus besar tetapi justru memiliki kemampuan  yang luar biasa.

Itulah yang membedakan  komputer generasi 1 dan komputer generasi ke-5 karena kedua instrumen itulah yang  membuat jadi unggul.  Parallel Processing berfungsi agar komputer bisa menyelesaikan banyak masalah dengan cara cepat sedangkan Artificial Intelligence berfungsi untuk mempercepat pekerjaan yang menggunakan komputer secara cepat dan otomatis.

Check Also

rekomendasi webcam logitech

5 Rekomendasi Webcam Logitech Terbaik 2021

Keyboard adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah laptop maupun komputer, brand Logitech merupakan andalan …