Komputer Terbaru

5 Generasi Komputer Dari Masa Ke Masa, Jenis Hingga Tips Memilih Komputer Terbaru Yang Bagus

Semakin canggih teknologi berkembang, semakin sulit pula komputer dipisahkan dari kehidupan manusia. Apalagi keberadaan komputer terbaru mampu membantu meringankan pekerjaan mereka, seperti membuat dokumen, memasukkan data hingga analisis dan simulasi data. Sehingga, tidak heran jika banyak orang mencari tahu tentang harga komputer murah yang ramah dikantong, namun tetap bisa diandalkan.

Pengertian Komputer

Awal mulanya komputer adalah julukan bagi seseorang yang ahli dibidang aritmetika, lalu pada tahun 1897 pengertian komputer berubah menjadi perangkat mesin yang dapat digunakan sebagai alat hitung.

Seiring berjalannya waktu istilah komputer bergeser menjadi seperangkat alat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang mana satu dengan yang lainnya saling bekerja sama untuk mengolah dan menghasilkan informasi berdasarkan data, prosedur, serta program yang telah dirumuskan.

Dengan kata lain komputer adalah seperangkat elektronik yang mampu melakukan serangkaian tugas, seperti menerima input kemudian memprosesnya sesuai dengan perintah yang diberikan.

Harga cpu komputer, lebih tepatnya hal tersebut merupakan fungsi dari Central Processing Unit (CPU) komputer. Setelah itu, menghasilkan output yang berupa informasi.

Sejarah Singkat Perkembangan Komputer

Di awal kemunculannya, komputer benar-benar berfungsi sebagai alat penghitung atau alat bantu perhitungan matematika saja. Selanjutnya, para pakar berhasil menemukan rumus, kode perintah, memori perintah dan pemrograman.

Sejarah komputer generasi 1 dikenal dengan Electronic Numerical Integrator and Calculator, yakni sebuah alat digital elektronik yang dirancang sekitar tahun 1942. Di bawah ini sejarah singkat komputer dari generasi ke generasi, sebagai berikut::

1. Tabung Vakum (Generasi pertama)

Tahun 1946, tabung vakum dijadikan sebagai komponen utama komputer yang beratnya mencapai 30 ton. Namun, hal tersebut tidaklah efektif karena membutuhkan daya  listrik yang cukup besar dan panas yang berlebih.

Ciri-ciri komputer generasi pertama adalah proses yang kurang cepat, ukuran hardware yang sangat besar sehingga membutuhkan ruangan yang luas, suhunya cepat panas sehingga membutuhkan pendingin dan daya simpannya kecil.

2. Generasi transistor

Selanjutnya, tabung vakum tergantikan dengan teknologi transistor sebagai komponen utama komputer yang dinilai lebih canggih. Teknologi ini mulai digunakan pada tahun 1959-1965 dan memiliki kelebihan ukurannya yang kecil, minim tingkat kegagalan dan tidak terlalu panas. Untuk bahasa yang digunakan tidak langi bahasa mesin, melainkan bahasa FORTRAN dan CBOL.

Ciri-ciri generasi transistor adalah proses operasi yang lebih cepat, orientasi penggunaan program tidak hanya pada orientasi bisnis, tapi juga orientasi teknik, mengembangkan magnetic score storage sebagai memori utama, mempunyai  bahasa pemrograman tingkat tinggi, terakhir mampu melakukan proses real time dan real sharing.

3. Generasi IC

Memiliki bentuk transistor yang lebih kecil yang diletakkan pada IC bersama dengan beberapa resistor dan kapasitor. Kelebihan dari generasi IC adalah lebih cepat dan efisien, serta menjadi komputer pertama yang menggunakan monitor dan keyboard.

Ciri-cirinya, menggunakan terminal visual display yang bisa mengeluarkan suara, kapasitas memorinya lebih besar dan media penyimpanannya yang berkapasitas besar.

4. Generasi Mikroprosesor

Hingga saat ini mikroprosesor masih digunakan oleh beberapa masyarakat di Indonesia. Bersamaan dengan ini, lahirlah internet dengan tampilan monitor. Namun, kala itu untuk harga monitor 24 inch masih menggunakan satu warna atau green color.

Disamping itu, mulai berkembang chip yang digunakan sebagai memori komputer. Kemudian, para ahli melengkapinya dengan PC-Compatible. Pada generasi ini pula PC mulai muncul dan perangkat dikembangkan untuk perorangan sehingga mudah dibawa kemana-mana, contohnya laptop.

5. Generasi AI

Di generasi ini, komputer terbaru dibekali AI atau kecerdasan buatan yang memungkinkannya untuk melakukan input data dengan lebih baik. Selain itu, melalui teknologi ini anda mampu menginput bahasa sehari-hari, menyesuaikan keadaan dan mempelajari lingkungan sekitar.

Komputer di generasi AI disebut sebagai komputer masa depan, misalnya komputer imac. Hal tersebut ditandai dengan munculnya netbook, tablet dan lain-lain. Meskipun komputernya memiliki bentuk yang lebih kecil dan sederhana, namun mempunyai kecepatan dan kecanggihan yang lebih jika dibandingkan dengan komputer-komputer sebelumnya.

Jenis-jenis Komputer

Adapun jenis-jenis komputer dan karakteristiknya yang perlu anda ketahui, diantaranya:

1. Komputer pribadi

Disebut juga Personal Computer (PC) adalah komputer yang dirancang untuk penggunaan umum oleh satu orang. Sebelumnya, PC dikenal dengan nama komputer mikro karena termasuk dalam komputer lengkap tetapi dibangun dalam skala lebih kecil.

Lambat laun komponen komputer penting lainnya, seperti CPU dan RAM mulai berkembang sehingga membuat komputer lebih efisien dan cepat. Dimana setiap harga cpu core i5 berbeda-beda.

2. Komputer server

Teknologi pada komputer ini telah dioptimalkan untuk memberikan layanan ke komputer lainnya melalui jaringan. Biasnya komputer server memiliki prosesor yag kuat, memori lebih besar dan hard drive yang lebih besar.

Apa fungsi komputer server? Yakni untuk menyediakan daya komputer mallui jaringan area lokal atau internet, serta membantu memberikan informasi melacak data pengiriman, memproses pesanan, mengolah formula ilmiah dan lain sebagainya. Tidak jauh berbeda dengan pc all in one murah pada umumnya, komputer server juga memiliki motherboard, kartu video, RAM, koneksi jaringan dan catu daya.

3. Laptop

Merupakan komputer portable yang mengintegrasikan layar, perangkat petunjuk atau trackail, keyboard, memori, hard drive dan prosesor dalam satu paket yang dioperasikan menggunakan baterai.

4. Komputer desktop

Komputer ini menawarkan lebih banyak daya, kemampuan dan penyimpanan dengan biaya yang lebih terjangkau daripada komputer portable. Di tahun 1990-an jenis komputer ini cukup laris di pasaran saat harga laptop masih tinggi.

5. Netbook dan tablet

Merupakan komputer ultra-portable yang dirancang lebih kecil daripada laptop tradisional. Netbook pertama kali muncul di tahun 2007, sebagai sarana untuk mengakses internet dan aplikasi berbasis web seperti email, streaming film dan musik, serta penjelajahan web.

Tips Memilih Komputer Terbaru yang Bagus

Harga komputer Samsung, ada beberapa bagian dalam komputer yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya, yaitu:

1. Processor

Pilihlah processor yang mempunyai L2 cache internal pada processornya. Apabila anda menemui 2 processor dengan frekuensi (MHz) yang sama, sebaiknya pilih saja yang memiliki Front Side Bus (FSB) paling tinggi.

2. Motherboard

Cari motherboard yang selain menawarkan FSB tinggi juga harus mendukung kecepatan processor yang akan anda gunakan.

3. BIOS

Bagaimana BIOS bisa dikatakan baik? yakni ketika BIOS tersebut mampu untuk di update. Jenis Flash ROM atau EEP-ROM. Ada beberapa motherboard dengan Flash BIOS yang dilengkapi jumper untuk setting hingga recover.

Akan lebih baik jika anda mencari jumper tersebut karena kelak dapat berfungsi untuk write-protect. Selain itu, perhatikan juga kemudahan dalam mengupdate BIOS sebab ini bisa menjadi nilai tambah bagi komputer

4. Cache memory

Pada komputer terbaru processornya telah memiliki cache memory L2 internal. Meskipun demikian, kecepatan cache dapat berbeda diantara masing-masing processor. Jadi, pilihlah processor dengan kecepatan cache L2 sama dengan kecepatan inti processor.

Check Also

rekomendasi webcam logitech

5 Rekomendasi Webcam Logitech Terbaik 2021

Keyboard adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah laptop maupun komputer, brand Logitech merupakan andalan …