mesin cuci berdengung tidak mau berputar

Cara Mengatasi Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar Beserta Penyebabnya

Mesin cuci adalah salah satu elektronik yang sangat penting. Alat ini akan memudahkan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian dan mengeringkannya dalam waktu singkat. Namun dalam kondisi tertentu, pengguna mengalami kesulitan yaitu mesin cuci berdengung tidak mau berputar. Apabila dibiarkan tentu akan menghambat pekerjaan rumah.

Tak hanya itu, jika mesin cuci seperti ini dibiarkan saja, kemungkinan akan menyebabkan kerusakan yang parah. Maka dari itu ketahui terlebih dahulu penyebab serta cara caranya sebelum dibawa ke tempat servicenya. Berikut cara mengetahui mesin cuci berdengung tidak mau berputar, simak selengkapnya:

Penyebab Mesin Cuci Tidak Dapat Digunakan

Barang elektronik termasuk mesin cuci ketika tidak dapat bekerja dengan baik tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Ketika seseorang sudah mengetahui penyebab pastinya maka akan lebih mudah untuk memperbaikinya. Berikut beberapa penyebab yang perlu diketahui, antara lain :

1. Terdapat Kabel Yang Putus

Salah satu penyebab mesin cuci berdengung tidak mau berputar akibat salah satu atau beberapa kabelnya putus. Hal ini sering terjadi terutama akibat gigitan tikus. Apabila kabel putus maka sudah dapat dipastikan mesin tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Selain karena kabel yang putus, mesin cuci yang tidak bisa bekerja dengan baik juga  bisa disebabkan karena beban yang terlalu banyak. Kelebihan beban tersebut akan membuat rotasi pada mesin berjalan lebih lambat dari biasanya. Untuk itulah perlu menentukan batas maksimum pakaian untuk mencegah hal ini terjadi.

2. Pintu Mesin Tidak Tertutup Dengan Baik

Penyebab lain mengapa mesin cuci tidak dapat digunakan adalah pintu mesin cuci yang tidak tertutup dengan baik. Meskipun terkesan sepele, namun pada beberapa model mesin cuci tidak akan dapat berfungsi dengan semestinya  apabila pintu tidak tertutup dengan rapat.

3. Terdapat Kotoran Pada Mesin Cuci

Kotoran yang terdapat pada sela-sela pintu pengering maupun material lainnya juga bisa menyebabkan mesin cuci berdengung tidak mau berputar. Hal ini karena apabila dibiarkan akan berpotensi membuat pintu mesin cuci tidak bisa tertutup dengan baik. Berdasarkan itu maka menyebabkan mesin cuci mengalami masalah yang cukup serius.

4. Tali Rem Pada Pengering Mengalami Putus  

Rem pengering pada mesin cuci memiliki fungsi untuk membuat dinamo pengering pada bagian tengah yang berputar kemudian dapat berhenti konstan apabila pintu dibuka. Namun hal tersebut tidak akan terjadi apabila tali rem pengering putus. Oleh karena itulah untuk mengatasinya maka perlu mengganti tali rem dengan yang baru.

5. Kerusakan Pada Dinamo Pengering

Kerusakan ini cukup sering terjadi karena lilitan dinamo mengalami short atau putus. Pada akhirnya menyebabkan mesin cuci tidak dapat berputar dan hanya berdengung saja. Untuk itulah pengguna perlu menggantinya dengan yang baru untuk mengatasinya.

6. Kapasitor Mengalami Kerusakan  

Mesin cuci berdengung tidak mau berputar juga dikarenakan kapasitor yang mengalami kerusakan atau terbakar. Hal ini disebabkan karena komponen tersebut yang terus bekerja menyimpan arus dan  melepaskannya  secara terus menerus ketika mesin digunakan.

Kapasitor yang terus bekerja tanpa henti akan membuatnya menjadi kurang kapasitas hingga mengalami kebocoran. Kondisi ini kemudian menyebabkan mesin cuci 2 tabung tidak mau berputar sebagaimana mestinya.

Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Mau Berputar

Setelah mengetahui penyebabnya, tentu akan lebih mudah mengatasi permasalahan mesin cuci yang tidak mau berputar dan hanya berdengung saja. Cara atau tips di bawah ini bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain:

1. Pastikan Pintu Mesin Tertutup Dengan Benar

Penyebab mesin tidak dapat berfungsi dengan baik adalah pintu yang tidak tertutup dengan benar. Apabila pengguna mendeteksi bahwa pintunya terbuka, maka itu sangat wajar membuat mesin tidak bekerja dengan semestinya. Untuk itulah pastikan pintu tertutup dengan kuat. Lepaskan benda yang tersangkut di pintu dan dorong hingga terdengar suara terkunci.

2. Pastikan Cucian Didistribusikan Secara Merata

Beban yang terlalu banyak akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dari mesin cuci itu sendiri. Sangat penting untuk memastikan cucian atau pakaian didistribusikan secara merata di dalam mesin cuci. Apabila cucian tidak merata di dalam tabung, biasanya mesin akan otomatis memeriksa muatan dan menghentikan proses berputar.

Biasanya disebabkan oleh barang-barang berat seperti karpet dan selimut. Untuk menghindari cucian yang tidak seimbang maka cuci barang yang besar seperti selimut dengan satu barang berat lain seperti handuk besar. Jika tabung mendadak berhenti berputar di pertengahan proses mencuci, maka cobalah untuk menghentikan mesin, menguras air, dan mengatur ulang cucian.

3. Jangan Gunakan Detergen Terlalu Banyak

Seringkali seseorang menggunakan detergen terlalu banyak atau bahkan menggunakan jenis deterjen yang tidak sesuai dengan mesin cuci yang digunakan. Untuk kondisi ini, mesin cuci secara otomatis akan menghentikan siklus berputar dan mencoba menyerap kelebihan busa di dalam tabungnya.

Sebaiknya baca petunjuk pada kemasan deterjen untuk mengetahui apakah deterjen tersebut merupakan jenis yang tepat untuk mesin cuci atau tidak. Pastikan menggunakan sesuai dengan takaran yang dianjurkan untuk menghindari permasalahan yang lebih serius.

4. Lihat Apakah Ada Air Yang Tersisa Dalam Tabung Atau Tidak

Air yang tidak terkuras sepenuhnya akan menghambat siklus berputar pada mesin cuci. Pengguna perlu mematikan mesin cuci terlebih dahulu dan memeriksa selang pembuangan dan filter pompa. Pastikan selang tidak dalam kondisi tertekan maupun tersumbat.

Selanjutnya pengguna bisa membersihkan sumbatan hingga meluruskan selang apabila hal tersebut diperlukan. Jika terdapat kerusakan pada selang seperti bocor, berlubang, maupun berkarat, maka perlu diganti. Jangan lupa untuk membersihkan pompa pembuangan setiap tiga bulan untuk menghindari penyumbatan.

 5. Silahkan Periksa Kerusakan Pada Sabun Penggerak

Mesin cuci berdengung tidak mau berputar bisa disebabkan karena kerusakan pada elemen tertentu. Pengguna bisa memeriksa apakah terdapat kerusakan pada sabuk penggerak maupun tidak.

Caranya dengan membuka pintu dan mencoba memutar tabung menggunakan tangan. Apabila tidak ada hambatan sama sekali, maka sabun penggerak pada mesin cuci kemungkinan mengalami kerusakan maupun patah. Untuk itulah agar mesin dapat digunakan lagi, maka bisa menghubungi agen servis resmi untuk diperbaiki.

6. Ganti Elemen Yang Rusak

Apabila sudah diketahui penyebabnya karena salah satu atau beberapa elemen yang mengalami kerusakan, maka bisa menggantinya dengan yang baru. Jika merasa ragu bisa tanyakan pada seseorang yang ahli di bidang tersebut. Mengganti elemen yang rusak akan membantu mesin cuci dapat berfungsi lagi dengan baik.

7. Pertimbangkan Kerusakan Teknis

Mesin cuci tidak berputar mungkin karena disebabkan oleh lonjakan listrik. Untuk itulah silahkan cabut steker alat dari listrik kemudian tunggu hingga beberapa menit sebelum mencolokkannya kembali.

Setelah kira-kira 1 menit berlalu bisa mencoba untuk memulainya kembali. Apabila tetap tidak berfungsi kemungkinan besar mesin cuci tersebut memiliki masalah teknis yang hanya bisa diatasi dengan bantuan agen servis resmi yang biasa menangani permasalahan tersebut.

Sebelum mengatasi mesin cuci berdengung tidak mau berputar tentu harus mengetahui secara pasti apa penyebabnya. Dengan penanganan yang tepat akan mampu mengembalikan fungsi mesin cuci seperti semula. Seperti yang sudah disampaikan di atas, Jika tidak bisa mengatasi sendiri, maka bisa memanfaatkan jasa agen servis resmi.

Check Also

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Paling Ampuh

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Paling Ampuh

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi – Semakin kesini, kapasitas memori internal yang disematkan pada HP …