pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berputar Tapi Tidak Kering Dan Cara Mengatasinya

Fitur mesin pengering secara otomatis sudah menjadi fitur yang ada di dalam sebagian besar produk mesin cuci di Indonesia. Mesin cuci 1 tabung ataupun 2 tabung pasti memiliki fitur pengering. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah seperti pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering pakaian yang terdapat di tabung mesin cuci.

Fungsi mesin pengering pada mesin cuci berfungsi agar memudahkan pengguna untuk tidak terlalu berlama-lama menjemur pakaian di luar. Mesin pengering sangat berguna ketika musim hujan tiba. Pengguna tidak perlu repot pakaiannya basah dan tidak dapat dijemur lagi.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Dapat Mengeringkan Pakaian

Fungsi pengering dalam mesin cuci sangat vital, karena sebagian besar pengguna membutuhkan mesin pengering agar dapat mempermudah proses pengeringan pakaian. Memiliki mesin cuci beserta pengeringnya dapat membantu pengguna yang memiliki keterbatasan area untuk menjemur pakaian. Selain itu, ketika musim hujan mesin pengering ini semakin dibutuhkan fungsinya.

Permasalahan yang sering terjadi adalah pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering, yang mana akan menghambat proses mencuci dengan cepat dan efisien. Pengguna dapat mengidentifikasikan permasalahan tersebut dengan informasi daftar 6 alasan yang menyebabkan pengering mesin cuci tidak dapat membuat pakaian kering. Alasan-alasan tersebut yaitu:

1. Kapasitor Mesin Cuci Menggelembung atau Terbakar

Salah satu alasan yang membuat pengering mesin cuci tidak dapat mengeringkan pakaian yang dimasukkan adalah komponen kapasitor yang lemah atau rusak. Kapasitor pada mesin pengering pakaian menjadi penting karena perannya yang menyalurkan listrik ke dinamo, agar mesin cuci dan mesin pengering dapat berputar.

Jika pengguna mengalami permasalahan ini, biasanya pengguna akan mendengarkan suara dengung mesin pengering. ?Tetapi pada kenyataanya mesin tidak berputar atau putarannya lemah. Tentu, hal ini dapat mengganggu proses pengeringan pakaian oleh mesin pengering.

2. Kabel dan Soket Bermasalah Karena Digigit Tikus

Saat pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering pakaian di dalamnya, mungkin salah satu penyebabnya adalah kabel mesin cuci dan soket yang bermasalah. Menempatkan mesin cuci di tempat aman dari gangguan tikus menjadi hal yang harus diperhatikan oleh pengguna. Jika kabel atau soket mesin cuci dan pengering digigit tikus, maka akibat fatal yang akan terjadi adalah mesin menjadi rusak dan tidak berfungsi.

Permasalahan kabel mesin pengering yang ringan akan membuat mesin cuci berputar terus, tetapi prosesnya lama dan bahkan pakaian dapat terus basah. Hal ini tentu akan membuat pengguna terhambat proses mencuci pakaian dan juga dapat boros listrik.

3. Pintu Mesin Pengering Tidak Tertutup Sempurna

Pengguna mesin cuci dan pengeringnya terkadang lupa untuk menutup pintu tabung ketika memulai proses pencucian. Padahal menutup rapat tabung mesin pengering dapat berpengaruh pada proses pengeringan pakaian pada mesin pengering. Maka dari itu, sebelum melakukan pengeringan pada mesin, pengguna harus memperhatikan pintu tabung dan pastikan tertutup dengan baik.

4. Pakaian yang Dimasukkan Terlalu Banyak

Satu hal yang paling berpengaruh yang menjadi penyebab pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering adalah pengguna memasukkan pakaian terlalu banyak ke tabung pengering. Setiap mesin cuci memiliki kapasitas yang berbeda-beda, seperti variasi kapasitas 3 kg sampai dengan 8 kg. Sebaiknya, pengguna harus memasukkan pakaian ke mesin cuci sesuai dengan kapasitas yang tersedia.

Terlalu banyak memasukkan pakaian juga akan berpengaruh terhadap proses pencucian pakaian yang menjadi tidak optimal. Disarankan bagi pengguna untuk memisahkan bahan-bahan berat seperti selimut, celana jeans dan seprai untuk disatukan di dalam satu tabung. Lebih baik pengguna menggolongkan masing-masing pakaian berat atau ringan.

5. Dinamo Mesin Cuci Mengalami Gangguan

Dinamo mesin cuci yang mengalami gangguan sangat mempengaruhi cara kerja pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering ketika dimasukkan pakaian. Perlu diketahui bahwa dinamo berfungsi untuk menjadi pemutar mesin pengering yang mana jika menghasilkan perputaran yang kencang maka proses pengeringan pakaian akan berjalan cepat.

Namun, jika sebaliknya dinamo mengalami gangguan maka mesin pengering akan berputar lambat dan pakaian yang sedang dicuci tidak akan kering. Dinamo mesin pengering merupakan komponen yang sangat vital dan juga mahal. Maka dari itu, pengguna memerlukan perawatan mesin cuci secara rutin agar dinamo tidak cepat rusak.

6. Ventilasi Mesin Pengering Tersumbat

Ventilasi pada mesin cuci berfungsi untuk memberikan udara pada mesin cuci yang sedang bekerja. Jika ventilasi mesin tersumbat, maka udara panas akan terperangkap di mesin pengering. Tidak hanya ventilasi mesin yang tersumbat, sirkulasi udara yang rendah pada mesin pengering juga akan membuat pakaian tidak akan kering.

Maka dari itu, pengguna disarankan untuk selalu mengecek kebersihan layar serat sebelum menggunakan pengering mesin cuci. Sebaiknya ventilasi ini dibersihkan dua kali dalam sebulan. Hal tersebut adalah salah satu bentuk pencegahan agar pengering mesin cuci tetap berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Berfungsi

Pengguna yang mengalami permasalahan pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering, dapat memperhatikan informasi mengenai cara mengatasinya. Cara mengatasi pengering mesin cuci yang bermasalah dapat dilakukan sendiri oleh pengguna di rumah. Pengguna tidak memerlukan bantuan jasa servis atau sebagainya. Berikut 4 cara mudah mengatasi permasalahan pengering mesin cuci:

1. Cek Kapasitor Secara Rutin

Mengecek kapasitor mesin secara berkala dapat mencegah pengguna mengalami permasalahan seperti pengering mesin cuci tidak berfungsi. Bentuk kapasitor biasanya berwarna tabung hitam berukuran sedang. Kondisi kapasitor yang menggelembung atau rusak dapat berpengaruh terhadap performa pengering mesin cuci.

2. Letakkan Mesin Cuci Di Tempat Bebas Tikus

Selalu menjaga kebersihan rumah dan dari hama tikus menjadi salah satu bentuk cara mengatasi agar pengering mesin cuci dapat berfungsi optimal. Pengguna dapat meletakkan mesin cuci di tempat-tempat kamar mandi atau tempat terbuka yang tidak memiliki lubang ataupun jalur keluar masuk tikus. Jika tikus sudah menggigit kabel atau soket mesin cuci, maka mesin cuci pengguna akan terancam mengalami kerusakan.

3. Menggunakan Pengering Mesin Cuci dengan Tidak Berlebihan

Cara mengatasi pengering mesin agar tetap bekerja optimal adalah dengan menggunakan mesin cuci sewajarnya saja. Bagi para pengguna yang menggunakan mesin cuci untuk kebutuhan rumah tangga, menggunakan mesin cuci secara sering dengan beban berlebih dapat menjadikan mesin cuci cepat turun performanya. Maka dari itu, sebaiknya pengguna cukup memakai mesin cuci satu hari sekali.

4. Rutin Membersihkan Ventilasi Udara Pada Tabung

Terakhir, pengguna dapat mencoba mengatasi permasalahan pengering mesin cuci dengan rutin membersihkan ventilasi udara pada tabung. Proses membersihkan ventilasi udara cukup mudah dan cepat. Pengguna dapat mengambil komponen berwarna abu-abu yang biasanya sudah terdapat debu yang menumpuk.

Lalu, pengguna dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat dan dibilas dengan air mengalir. Setelah pengguna membersihkannya, letakkan kembali ventilasi udara pada tabung mesin cuci. Lakukan aktivitas ini setidaknya sebulan dua kali.

Itulah beberapa ulasan mengenai pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering pakaian yang dicuci. Informasi tersebut sangat penting karena fungsi pengering mesin cuci yaitu untuk meringankan beban ketika harus mengeringkan pakaian. Jika mesin pengering berfungsi dengan optimal, pengguna tidak perlu terlalu lama menjemur pakaian di luar rumah.

Check Also

rekomendasi kulkas samsung 2 pintu

7 Rekomendasi Kulkas Samsung 2 Pintu Berkualitas

Brand Samsung sudah tidak diragukan lagi untuk berbagai barang elektronik, seperti kulkas salah satunya. Selain …