penyebab tv led polytron tidak ada gambarnya tapi ada suaranya

Penyebab TV LED Polytron Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya, Apa yang Mesti Dilakukan?

Akhir-akhir ini hampir semua produsen TV termasuk Polytron memproduksi TV LED sebagai ganti TV LCD. Ini televisi yang ramah terhadap lingkungan dan tidak menimbulkan radiasi. Meski TV LED ini  canggih dan ramah lingkungan tetapi TV ini akan rusak bila tidak dirawat dengan baik. TV LED yang rusak tidak keluar gambarnya. Apa penyebab TV LED Polytron tidak ada gambarnya tapi ada suaranya ini?

Bermacam persoalan TV sering tanpa diduga. Masalah dan penyebabnya juga beragam. Contoh masalah siaran televisi hilang, TV terkunci, gagal mulai dan lainnya. Penyebab TV Polytron tidak ada gambarnya kalau suaranya terdengar, mungkin karena ada kerusakan pada komponen TV. Lebih rinci, ikuti uraian berikut ini.

Hal yang Harus Dilakukan Bila TV LED Polytron Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

 1. Lampu Backlight Mati

Untuk mengetahui penyebab TV LED Polytron tidak ada gambarnya tapi ada suaranya lebih baik terlebih dahulu mengecek layar LED dalam kondisi TV menyala. Pengecek bisa menyalakan senter, lalu menyorot pada bagian panel TV memakai cahaya senter itu. Lampu Backlight, apakah hidup atau mati akan kelihatan karena akan memunculkan titik-titik raster.

Sebab dirangkai, jika backlight mati semua lampu juga mati dan gambar yang keluar di TV akan gelap tanpa cahaya. Jika ternyata backlight mati, matikanlah TV LED dan ganti lampu backlight dengan yang berfungsi. Ketika memasang, pastikanlah probe merah menunjuk ke arah positif dan probe hitam ke arah negatif. Lepas lampu backlight yang mati. Pasang lampu backlight yang berfungsi dengan volt sama.

2. Modul T-con Rusak

Ada modul T-con di TV LED yang fungsinya menjadi penyalur tegangan di panel LED. Rusaknya modul T-Con menjadi penyebab TV LED Polytron tidak ada gambarnya tapi ada suaranya. Modul T-Con berfungsi sebagai penyalur tegangan pada panel. Bila modul T-con rusak dan tidak ada gambar, untuk memperbaikinya komponen ini harus diganti.

Modul T-con bisa rusak jika IC utama rusak, fuse serta  transistor putus ataupun jika kapasitor mengalami short. Guna mengetahui T-Con rusak atau tidak, sentuh saja bagian IC utama pada T-con. Apabila T-con terasa panas dan tidak wajar, kemungkinan besar IC mengalami short bila tidak ada ada komponen bermasalah di sekitar IC.

3. Monitor TV Rusak

Bila monitor TV rusak , sudah pasti ini  penyebab TV LED Polytron tidak ada gambarnya tapi ada suaranya. Keadaan ini sering timbul karena panel fleksibel yang putus. Sebab lain IC COF sudah terbakar. Jika ini terjadi, tidak mudah untuk memperbaikinya dan butuh biaya mahal untuk menggantinya. Sebelum gambar sepenuhnya hilang, gejala ini muncul jika terlihat garis atau gelap saja di layar.

Kerusakan monitor TV LED biasa disebabkan fleksibel panel terputus atau IC COF sudah terbakar. Kemudian, bagaimana cara memperbaikinya? Jika monitor masih mungkin untuk diperbaiki, coba ganti saja IC COF yang rusak ataupun melakukan jumper pada jalur fleksibel yang robek.

4. Flyback Rusak

Penyebab TV Polytron tidak ada gambar tapi terdengar suara bisa karena flyback mengalami kerusakan. Keadaan ini terjadi jika ada tegangan video yang tidak keluar padahal tegangan yang lainnya berfungsi normal. Disamping ada masalah flyback, gambar bisa tidak keluar karena tegangan B 115 mengalami drop, bisa karena elco B+ kering, kemudian menimbulkan drop tegangan yang disalurkan pada flyback.

Jika keadaan ini terlalu sulit untuk diperbaiki, panggil saja jasa service TV profesional yang bisa menangani hal ini. Karena jika tidak bisa memperbaiki dengan tepat, akan timbul kerusakan yang lebih parah.

5. Konektor Kabel LVDS Copot

Jika setelah diperiksa ternyata sambungan kabel LVDS terlepas atau ternyata tak terpasang dengan baik maka ini juga penyebab TV Led Polytron tidak ada gambarnya tapi ada suaranya. Kabel LVDS adalah kabel yang menghubungkan unit Tcon dengan unit motherboard alias papan utama TV.

Kabel yang menghubungkan dua unit ini memang bisa lepas dengan beberapa alasan mungkin tidak sengaja terlepas saat orang yang membersihkan TV mengenai kabel ini lalu kebel ini copot.

6. Suplai Voltase Tidak Cocok

Agar TV menghasilkan gambar, Blok T con harus memperoleh suplai voltase yang tepat yaitu 12 Volt. Jika pasokan voltase lebih atau kurang dari 12 Volt, kinerja alat (TV) akan terganggu. Ini juga satu penyebab TV LED Polytron tidak ada gambarnya tapi ada suaranya, Jika suplai voltase tidak cocok, tidak heran jika TV tidak menghasilkan gambar yang bagus bahkan tidak ada gambarnya.

7. Fuse SMD T-Con Rusak

Jika ternyata yang rusak adalah fuse SMD T-Con atau bisa saja sekring yang terletak di dekat konektor LVDS terputus, tidak heran jika ini juga dianggap penyebab TV Led Polytron tidak ada gambarnya tapi ada suaranya. Yang mesti dilakukan ialah mengganti komponen tersebut. Komponen ini adalah komponen sederhana sehingga tidak ada keberatan atau risiko yang timbul dibandingkan jika harus mengganti chip set yang mahal.

8. Kontak Solder Bermasalah

Bisa juga setelah dicek, ternyata kontak yang terjadi saat menyolder kurang baik. Atau mungkin kontak soldernya sudah baik tetapi kontak itu mengalami jamur atau proses oksidasi. Hal seperti ini sering terjadi pada TV yang telah tua. Tetapi hal ini juga dialami oleh TV LED yang baru terutama jika ruangan di rumah tempat TV diletakkan lembab.

9. Terjadi Kerusakan pada IC Gamma AS-15

IC Gamma AS-15 adalah sebuah perangkat yang terletak tidak terlalu jauh dari T-Con.  Kerusakan IC Gamma AS- 15 juga  menjadi penyebab TV Led Polytron tidak ada gambarnya tapi ada suaranya . TV terlihat buram, tidak fokus dan blur.

Untuk mengecek apakah IC driver berfungsi atau tidak, periksa besar tegangan memakai alat bernama multitester. Jika ternyata angka multitester menunjuk 50 volt, artinya IC driver telah rusak. Untuk menghindari kerusakan IC seperti ini, lakukan servis TV LED secara berkala.

10. Ada Software yang Rusak

Disamping ada kerusakan pada komponen,  penyebab TV LED Polytron tidak ada gambarnya tapi ada suaranya bisa disebabkan karena adanya kerusakan perangkat lunak yang diinstal di TV tersebut. Jika terlalu kerusakan perangkat lunak sulit untuk ditangani, panggil saja tukang servis tetapi tentu membutuhkan biaya untuk memberi ongkos perbaikannya.

Untuk servis TV ada suara tapi tidak ada gambar, biaya perbaikan tergantung dengan faktor penyebabnya. Secara umum, untuk memperbaiki TV tanpa gambar ada di kisaran tiga ratus sampai tujuh ratus ribu rupiah. Keterampilan tukang servis TV dan wilayah/ daerah tempat servis dilakukan juga mempengaruhi besar kecil biaya servis.

Demikian informasi  tentang  penyebab TV LED Polytron tidak ada gambarnya tapi ada suaranya. Berdasar keterangan di atas, mungkin bisa di cek terlebih dahulu TV Polytron rusak yang dimiliki. Jika memang ternyata sulit untuk memperbaikinya, panggil saja tukang servis TV Polytron. Syukur jika saat kerusakan terjadi ini masih berada di masa garansi sehingga tidak perlu membayar biaya servis yang mahal.

Check Also

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Paling Ampuh

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi Paling Ampuh

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi – Semakin kesini, kapasitas memori internal yang disematkan pada HP …