PC Terbaik

Daftar Harga Dan Tips Pilih PC Terbaik

Penggunaan komputer di jaman sekarang betul-betul masif dan sangat dibutuhkan demi menunjang aktivitas. Pemilihan pc terbaik juga harus selektif supaya kinerja komputer lancar dan bisa awet untuk jangka waktu panjang.

Ada pc dari berbagai merek beserta harganya yang variatif tentu membuat siapa pun bingung mana yang harus dipilih. Ada apa saja?

Mengenal Jenis-jenis PC

1. Rakitan

Pernah dengar pc rakitan? Apa maksudnya? Ini merupakan komputer yang dirakit sendiri, alternatif bagi mereka yang punya budget terbatas tetapi butuh komputer yang mumpuni dalam memenuhi kebutuhan multimedia atau gaming.

Komputer seperti ini aman digunakan, kinerjanya juga oke. Punya kelebihan utama pada segi harganya jauh lebih terjangkau dari pada komputer standar yang baru.

PC rakitan murah bisa Anda temukan dan beli di marketplace atau membuatnya sendiri di rumah. Harga jualnya mulai dari Rp 1-3 jutaan saja loh

2. Built Up

Built-up, jenis komputer yang umum digunakan kebanyakan orang. Komputer ini dibuat sesuai dengan rancangan pabrikan, beda dengan rakitan yang bisa customizeable.

Kelebihan dari komputer ini yakni segi energi yang hemat, kompatibel, jarang mengalami gangguan dan bisa tahan lama.

Built-up computer bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan mulai dari mengetik (Microsoft Word dkk), editing, gaming, dan sebagainya berbeda dengan pc rakitan yang lebih diperuntukkan gaming dan kebutuhan multimedia saja.

Dana yang Dibutuhkan untuk Beli PC

Berapa dana yang dibutuhkan untuk membeli PC? Setiap daerah ada harga yang berbeda, bergantung juga pada spesifikasi perangkat yang Anda pilih. Tapi, makin sini harga pc sudah mulai murah dan terjangkau.

Contohnya harga mini pc dibanderol mulai Rp 1 jutaan. PC kecil ini juga canggih dilengkapi pilihan prosesor unggulan seperti core i5, core i7, sampai AMD.

PC berukuran kecil ini lebih praktis, mudah dipindah-tempatkan dan cocok bagi Anda yang tak ada ruang lebih untuk ukuran pc standar.

Spesifikasi yang Perlu Dicari

1. Ketahui Kebutuhan

Cari tahu apa kebutuhan utama ketika memutuskan akan membeli PC. Apakah untuk editing, gaming, dan aktivitas yang cukup berat atau hanya sekadar aktivitas ringan biasa?

Jika butuh perangkat untuk aktivitas cukup berat bisa coba membeli PC rakitan, tetapi jelas Anda perlu selektif saat akan membelinya atau cari yang praktis bisa pilih PC mini saja.

2. Sistem Operasi

Sistem operasi dalam sebuah perangkat akan memengaruhi kinerjanya. Ada beberapa OS yang umum dijual seperti OS X, Android, Linux, Windows. Sistem operasi tersebut ada yang digunakan juga pada produk Apple.

OS Windows lebih sesuai untuk pekerjaan kantoran, OS X pengolahan video dan gambar, OS Linux bagi programmer.

3. Prosesor

Cek dulu jenis prosesor apa yang digunakan, ada yang menggunakan Apple M1, AMD, M1, dan Intel. Jenis prosesor juga berpengaruh pada kinerja dan harga jualnya, ya.

Apabila tak digunakan untuk aktivitas berat seperti gaming dan editing cocok dengan prosesor Intel Celeron, sedangkan bagi aktivtas lumayan berat akan cocok menggunakan Intel Core.

4. RAM

RAM pada sebuah pc memengaruhi kinerja dalam menjalankan aplikasi. Setiap pc punya ukuran RAM berbeda mulai 2 GB sampai 16 GB pun tersedia.

Pastikan kembali dengan kebutuhan utama Anda apa. Bila menggunakan pc untuk kebutuhan editing dan gaming lebih disarankan pilih berukuran 16 GB supaya lebih lancar.

5. Internal Storage

Ruang penyimpanan pada pc yakni internal, terbagi dalam dua jenis; HDD (hard disk) dan SSD dengan ukuran variatif mulai 32 GB sampai 1 TB.

HDD punya keunggulan dari segi harga yang lebih murah, tapi sering kali kendalanya lama kelamaan kinerjanya makin lemot. Sekarang orang-orang mulai beralih memilih SSD karena kinerjanya begitu cepat, namun harganya juga lumayan mahal.

Berapa Harga PC Sekarang?

Harga pc terbaik sekarang makin murah meski speknya juga lumayan oke. Seperti contohnya harga pc lenovo dibanderol sekitar Rp 4 jutaan sampai dengan Rp 6 jutaan.

Spesifikasinya juga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen saat ini, ada tipe Legion bagi yang butuh untuk aktivitas gaming, ThinkStation untuk kinerja tinggi, ThinkCentre khusus pekerjaan kantoran dan sebagainya.

Pc sudah ada dan tinggal membeli monitornya? Harga monitor komputer 14 inch sangat terjangkau, Anda bisa temukan mulai dari harga Rp 1,3 jutaan dengan kondisi baru atau bekas yang sama-sama masih oke digunakan.

Merk Komputer Terbaik

Di Indonesia ada banyak merk-merk komputer kenamaan yang bagus kualitasnya dengan harga terjangkau mulai dari Lenovo, LG, Dell, dan masih banyak lagi.

Orang-orang selain memerhatikan nama brand-nya, mereka juga membeli berdasarkan prosesor yang diaplikasikan dan paling hits sekarang yakni Intel Core i5 ke atas. Prosesor ini terkenal akan kinerjanya yang super cepat.

Cocok bagi yang pekerjaannya cenderung berat. Nah, untuk harga komputer pc core i7 sendiri berkisar Rp 3 jutaan hingga Rp 13 jutaan dengan spek tambahan lainnya yang oke.

Merk lainnya yang patut Anda coba berasal dari LG. Siapa yang tak tahu kualitas barang elektronik dari brand asal Korea Selatan ini? LG juga jadi salah satu brand yang banyak digunakan di Indonesia.

Untuk harga komputer LG di tahun 2022 kondisi terbaru rata-rata seharga Rp 4 jutaan, apabila Anda cari yang bekas sudah bisa temukan mulai Rp 1 jutaan lengkap dan kondisinya masih layak pakai.

Masih cari brand lain untuk pc yang bagus? Ada Dell. Brand kenamaan dari Amerika Serikat ini juga punya nama besar di dunia teknologi. Produk laptop mau pun komputernya terkenal akan tahan lama dan kuat.

Prosesor dan sistem operasi yang digunakan pada komputer keluaran Dell saat ini sudah makin canggih dan dijamin smooth. Harga komputer Dell memang tak main-main, kebanyakan dijual mulai angka Rp 7 jutaan dengan prosesor core i7.

Rekomendasi PC khusus Gamer

Hampir sebagian orang sekarang tergila-gila dengan permainan virtual, walau ada juga yang hanya sekadar untuk isi waktu luang saja. Aplikasi gaming punya ukuran yang besar terlebih jika grafiknya jernih.

Pc gaming terbaik sekarang mudah dijumpai, mulai dari Lenovo, Dell, LG, Apple dan sebagainya. Rata-rata pc masa kini menyesuaikan dengan kegiatan konsumennya.

Untuk dapatkan kualitas gambar makin baik maka Anda juga perlu mencari monitor yang punya dukungan warna terbaik juga.

Mencari monitor komputer terbaik bisa Anda coba riset terlebih dulu lewat internet atau bertanya-tanya kepada rekan yang paham tentang teknologi komputer.

Tidak harus selalu merk Apple yang tak diragukan lagi untuk kualitas gambarnya, masih ada kok brand yang cukup low-end punya kualitas bagus dengan harga yang ramah di kantong seperti dari merek LG.

Brand satu ini juga sudah lama di dunia elektronik, harga monitor LG juga bisa dikatakan terjangkau dan tak kalah dari brand high-end, umumnya dijual mulai Rp 1 jutaan.

Itulah beberapa rekomendasi pc terbaik dan harga pasarannya tahun 2022. Anda tertarik beli yang mana?

Check Also

rekomendasi webcam logitech

5 Rekomendasi Webcam Logitech Terbaik 2021

Keyboard adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah laptop maupun komputer, brand Logitech merupakan andalan …